Harga minyak mentah melemah

id Harga minyak mentah,minyak mentah,kalteng,Harga minyak mentah melemah,Tokyo

Harga minyak mentah melemah

Arsip Foto - Tangki penyimpanan minyak mentah terlihat dari atas di pusat minyak Cushing, tampaknya kehabisan ruang untuk menampung kelebihan pasokan bersejarah yang telah memukul harga, di Cushing, Oklahoma, Kamis (24/3/2016). ANTARA/REUTERS/Nick Oxford/am.

Tokyo (ANTARA) - Harga minyak melemah di awal perdagangan Asia pada Kamis pagi, memangkas beberapa kenaikan hari sebelumnya, karena investor mengambil untung di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh bank-bank sentral dapat mengurangi pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar global.

Minyak mentah berjangka Brent tergelincir 27 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 73,76 dolar AS per barel pada pukul 00.52 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 21 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 69,35 dolar AS per barel.

Kedua harga acuan naik sekitar tiga persen pada Rabu (28/6/2023) setelah Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah turun 9,6 juta barel dalam pekan yang berakhir 23 Juni, jauh melebihi perkiraan para analis untuk penarikan 1,8 juta barel dalam jajak pendapat Reuters.

"Pasar berbalik di tengah kekhawatiran baru tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut di AS dan Eropa, yang akan mengurangi permintaan minyak global," kata Hiroyuki Kikukawa, presiden NS Trading, unit dari Nissan Securities.

Para pemimpin bank sentral utama dunia menegaskan kembali pada Rabu (28/6/2023) mereka berpikir pengetatan kebijakan lebih lanjut akan diperlukan untuk menjinakkan inflasi yang sangat tinggi tetapi masih percaya mereka dapat mencapainya tanpa memicu resesi langsung.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell tidak mengesampingkan kenaikan lebih lanjut pada pertemuan bank sentral berikutnya, sementara Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga zona euro kesembilan berturut-turut pada Juli.

Menambah tekanan, keuntungan tahunan di perusahaan-perusahaan industri di China, konsumen minyak terbesar kedua di dunia, memperpanjang penurunan dua digit dalam lima bulan pertama karena melemahnya permintaan menekan marjin.

Backwardation enam bulan Brent - struktur harga di mana kontrak yang memuat lebih cepat diperdagangkan dengan harga yang lebih tinggi daripada yang memuat lebih lambat - mencapai level terendah sejak Desember, menunjukkan permintaan yang lebih tinggi untuk pengiriman segera.

"Di balik backwardation adalah ekspektasi bahwa permintaan langsung untuk bahan bakar akan tetap kuat karena Amerika Serikat telah memasuki musim mengemudi, tetapi ekonomi global akan melambat menuju paruh kedua tahun ini, mengurangi permintaan minyak," kata Kikukawa dari NS Trading.

Penerjemah: Apep Suhendar