FKIP UMPR gelar workshop karya tulis ilmiah bagi guru di Seruyan

id umpr,fkip,karya tulis ilmiah

FKIP UMPR gelar workshop karya tulis ilmiah bagi guru di Seruyan

Dokumentasi. Dekan FKIP UMPR, Hendri MPd bersama Dubes RI untuk Malaysia, Hermono (kiri) di Kuala Lumpur, Malaysia. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) dan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) berkolaborasi tingkatkan kualitas guru di kabupaten setempat.

"Kerja sama ini kami fokuskan pada pelaksanaan workshop (lokakarya) penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru-guru di Hanau, Kabupaten Seruyan," kata Dekan FKIP UMPR Hendri di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, melalui lokakarya itu, pihaknya berharap, setiap guru mampu membuat karya tulis ilmiah yang bisa dipublikasikan pada jurnal terakreditasi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Saat ini, FKIP UMPR, di antaranya memiliki Jurnal Terakreditasi Sinta Yaitu Jurnal Pedagogik (Jurnal Pendidikan), Jurnal Tunas (Jurnal Prodi PGSD), Jurnal Bitnet (Jurnal Prodi Pendidikan Teknologi Informasi), Jurnal Neraca (Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi) dan Jurnal Suluh (Jurnal Bimbingan dan Konseling).

Pada kegiatan itu, Dekan FKIP UMPR beserta rombongan, turut disambut Sekretaris Dinas Pendidikan Seruyan Kastam yang sekaligus membuka lokakarya pelatihan penulisan KTI.

Di sisi lain, pihaknya berharap Dinas Pendidikan setempat dapat membantu dan mendukung pihaknya dalam Program Penjaringan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024.

Saat ini FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan S-1 Bimbingan dan Konseling dan S-2 Pendidikan Dasar.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan sejak didirikan pada btahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”, UM Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri. Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Dalam hal posisi perguruan tinggi se Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan Kemristekdikti yang direlease beberapa wwaktu lalu, saat ini UM Palangkaraya menempati rangking 280 dari 3.244 PTN/PTS se Indonesia. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se Kalimantan.