Komisi I DPRD Kalteng dan KPU harus segera bahas dana pilkada 2024

id Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Kuwu Senilawati, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Komisi I DPRD Kalteng dan KPU harus segera bahas dana pilkada 2024

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Kuwu Senilawati. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Kuwu Senilawati sepakat bahwa pihaknya harus segera mengadakan rapat dengar pendapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, agar permasalahan dana pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 dapat dituntaskan.

RDP itu sangat penting karena bertujuan membahas sekaligus mengetahui secara jelas besaran dana sharing dari pemerintah provinsi dan masing-masing kabupaten/kota, kata Kuwu di Palangka Raya, Jumat.

"Jadi, Komisi I yang membidangi pemerintahan, hukum dan keuangan di DPRD Kalteng, sudah seharusnya segera melaksanakan RDP dengan KPU Kalteng," ucapnya.

Menurut legislator dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu, semua kabupaten/kota di provinsi ini harus sudah jelas dan final besaran dana sharing pilkada 2024. Dengan begitu, KPU Kalteng sebagai penyelenggara pemilu, termasuk pilkada, dapat merinci secara tepat penggunaannya. Dan apabila ada kekurangan, dapat lebih cepat dilakukan pembahasan.

"Intinya harus sudah final dana sharing besaran masing-masing pemda, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Jangan lagi diperlambat. Waktu Pilkada sudah semakin depat," kata Kuwu.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno menerima kedatangan Ketua beserta anggota Bawaslu Kalteng. Kedatangan itu salah satunya untuk membahas kejelasan anggaran pilkada, khususnya dana sharing dari masing-masing kabupaten/kota se-Kalteng.

Baca juga: Pemkab Kapuas diminta perjelas besaran dana 'sharing' pilkada 2024

Wiyatno pun mengatakan bahwa kedepan jajaran Komisi I DPRD Kalteng akan lebih sering mengadakan RDP terkait anggaran maupun hal lain yang dianggap penting. Hal itu sebagai upaya mempersiapkan pilkada di Kalteng lancar dan tidak ada permasalahan dalam pelaksanaanya.

"Kami berharap kedepannya KPU Kalteng pun bisa bekerja maksimal dalam melaksanakan tugas baik saat Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Legislatif (Pileg)," demikian Wiyatno.

Baca juga: DPRD Kalteng sampaikan usulan penambahan kawasan non hutan ke Wamen LHK

Baca juga: Legislator Kalteng minta pusat merealisasikan rencana membangun jalur KA

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda perhatikan ekonomi masyarakat di pedesaan