Microsoft hapus WordPad di versi Windows 11 Insider Build terbaru

id Windows 11,Microsoft,Wordpad

Microsoft hapus WordPad di versi Windows 11 Insider Build terbaru

Ilustrasi logo Windows 11. (ANTARA/HO/Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Microsoft memutuskan menghilangkan aplikasi teks WordPad yang telah menjadi aplikasi ikoniknya selama hampir tiga dekade terakhir dalam versi terbaru dari sistem operasi Windows 11 Insider Build dengan nomor seri 26020.

Windows 11 Insider Build merupakan program yang khusus diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi di sistem operasi Windows dalam hal ini Windows 11. Secara berkala ada pembaruan sistem operasi untuk para pengembang dan kemudian nantinya pembaruan tersebut juga akan dirilis kepada publik setelah dirasa stabil.

Dalam pembaruan terbaru, Microsoft menyampaikan rencananya bahwa WordPad akan dihapus sepenuhnya dari sistem operasi Windows 11 pada pembaruan mendatang.

Baca juga: Aplikasi Paint hadirkan tampilan dark mode pada Windows 11

"Mulai dari versi ini, aplikasi WordPad dan People tidak akan diinstal lagi setelah melakukan instalasi sistem operasi. Pada versi mendatang, WordPad akan dihapus saat pemutakhiran. WordPad tidak dapat diinstal ulang. WordPad adalah fitur Windows yang tidak digunakan lagi," demikian pernyataan Microsoft seperti dikabarkan Gizmo China, Minggu.

Sebenarnya penghapusan WordPad tidak mengherankan karena selama ini posisinya berada di tengah-tengah di antara NotePad yang menjadi pengolah teks dasar dan beragam aplikasi pengolahan teks yang advance seperti Microsoft Word.

Belum lagi dengan aplikasi pengolahan teks lainnya yang semakin banyak tersedia secara daring. 

Meski berupa layanan gratis yang tak memerlukan internet untuk mengaksesnya namun posisi WordPad tetap tidak menguntungkan karena sepanjang yang lain berkembang justru aplikasi itu tidak mendapatkan pembaruan sama sekali.

Baca juga: Microsoft hapus WordPad dari Windows setelah hampir 30 tahun

Berbeda dengan nasib NotePad yang justru lebih banyak mengalami pembaruan seperti penyesuaian aksesibilitas untuk kontrol dengan suara, kemampuan untuk menjeda, dan melanjutkan pencetakan.

Tetap saja, dihilangkannya WordPad cukup menjadi berita yang menyedihkan mengingat aplikasi tersebut telah menjadi bagian dari Microsoft selama hampir 30 tahun lamanya.

Meski begitu, di samping perpisahan dengan WordPad tetap ada hal-hal positif yang perlu disambut dari Windows 11 Insider Build terbaru.

Di antaranya fitur pemberitahuan saat perangkat memasuki mode hemat energi, fitur untuk pengguna untuk memberikan deskripsi lebih jelas pada perangkat, hingga peningkatan akses suara pada pengaturan.