iPad Air hingga MacBook Air terbaru akan dirilis Maret atau April

id iPad Air,MacBook Air

iPad Air hingga MacBook Air terbaru akan dirilis Maret atau April

ilustasi macbook air, dalam foto ini MacBook Air yang rilis 2022. (ANTARA/Apple Newsroom)

Jakarta (ANTARA) -  Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Apple dikabarkan berencana merilis iPad Air, iPad Pro, dan MacBook Air model baru pada musim semi tahun ini, sekitar Maret atau April.

Kabar ini pertama kali diungkap oleh jurnalis teknologi Mark Gurman dari Bloomberg seperti disebut dalam laporan Mac Rumors, Minggu (21/1). Setelah perangkat-perangkat tersebut dirilis, Apple bakal memprioritaskan fokusnya untuk menyiapkan konferensi pengembang tahunan Apple yaitu WWDC pada Juni 2024.

iPad Air yang meluncur di musim semi 2024 diperkirakan akan tersedia dengan ukuran layar 10,9 inci dan 12,9 inci. Fitur yang dirumorkan atau mungkin ada untuk model iPad Air berikutnya mencakup chip M2 Apple untuk kinerja yang lebih cepat.

Baca juga: Apple hadirkan aplikasi Music Classical untuk iPad

Lalu ada kamera belakang yang didesain ulang, dukungan Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3. Diprediksi tidak ada perubahan desain secara besar-besaran pada iPad Air model baru.

iPad Air yang saat ini beredar di pasaran merupakan iPad Air generasi kelima dengan chip M1 rilisan Maret 2022.

Selanjutnya ada iPad Pro, yang bakal hadir dengan ukuran 11 inci dan 13 inci. iPad Pro itu akan menjadi iPad pertama yang dilengkapi layar OLED.

Teknologi OLED akan memungkinkan tampilan iPad Pro berikutnya menawarkan peningkatan kecerahan, rasio kontras lebih tinggi, konsumsi daya lebih rendah.

Baca juga: Apple luncurkan iPad Air 12,9 inci awal 2024

Apple sudah menggunakan layar OLED untuk model iPhone dan Apple Watch terbaru. Besar kemungkinan karena peralihan ke OLED, model iPad Pro berikutnya diperkirakan akan lebih mahal.

Peralihan ke OLED akan memungkinkan kecepatan refresh turun lebih jauh hingga 10Hz atau lebih rendah untuk menghemat masa pakai baterai. Model iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro dapat mencapai frekuensi serendah 1 Hz saat berada dalam mode tampilan selalu aktif.

Fitur lain yang dikabarkan dan mungkin ada untuk model iPad Pro berikutnya mencakup chip M3 terbaru dari Apple untuk kinerja yang lebih cepat, pengisian daya nirkabel MagSafe, dan Magic Keyboard yang didesain ulang dengan trackpad lebih besar dan casing atas aluminium.

Seperti halnya iPad Air, perubahan pada bagian kamera belakang juga dimungkinkan untuk iPad Pro. Model iPad Pro saat ini dengan chip M2 dirilis pada Oktober 2022.

Baca juga: Apple akan merilis tiga model iPad tahun depan

Terakhir, ada MacBook Air yang juga bakal membawa perubahan berupa chipnya yang menjadi M3. Laptop itu akan hadir dalam dua ukuran yaitu 13 inci dan 15 inci yang dirilis bersamaan di 2024 ini, berbeda dengan perilisan-perilisan di generasi sebelumnya yang terpisah.

Apple telah memperbarui MacBook Pro 14 inci, MacBook Pro 16 inci, dan iMac 24 inci dengan chip M3 tahun lalu.

Diperkirakan tidak ada perubahan desain besar untuk MacBook Air tahun ini, tetapi, laptop tersebut kemungkinan akan mendapatkan dukungan untuk Wi-Fi 6E seperti Mac lainnya. Apple terakhir kali memperbarui MacBook Air 13 inci pada Juli 2022, sedangkan MacBook Air 15 inci pertama dirilis pada Juni 2023.

Baca juga: Apple dikabarkan tetap produksi iPad mini meski ada iPad 'fold'

Baca juga: Apple luncurkan MacBook Pro baru dengan tiga cip M3 teranyar

Baca juga: MacBook M3 Apple kemungkinan tidak hadir tahun ini