TNI-Polri terus upaya pulihkan keamanan di Sugapa dari gangguan KKB

id gangguan KKB,Polda Papua,KKB,Kalteng,Intan Jaya,Mathius Fakhiri

TNI-Polri terus upaya pulihkan keamanan di Sugapa dari gangguan KKB

Patroli aparat gabungan TNI/Polri yang tergabung dalam operasi Satgas Nemangkawi di Kabupaten Puncak untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadeap gangguan teror KKB. ANTARA Papua/HO-Satgas Nemangkawi

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengakui TNI dan Polri hingga kini masih terus memulihkan situasi keamanan di Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah dari gangguan KKB.

"Memang benar saat ini upaya pemulihan masih terus dilakukan dan kondisi keamanan berangsur kembali kondusif," kata Irjen Pol. Mathius Fakhiri kepada ANTARA di Jayapura, Minggu.

Diakui, saat ini pelayanan penerbangan terutama mengangkut penumpang sipil masih dibatasi guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya juga sudah menyampaikan situasi terakhir kepada pimpinan Pertamina saat berkunjung ke Polda Papua," ucap Irjen Pol. Fakhiri seraya mengaku bila sudah benar -benar aman maka penerbangan akan dibuka kembali dengan normal.

Penyerangan yang dilakukan KKB dengan menembaki pos TNI-Polri sejak Jumat (19/1) hingga Kamis (25/1) aksi itu masih terjadi walaupun tidak se-gencar empat hari pertama.

Akibat penyerangan yang dilakukan KKB menyebabkan seorang anggota Brimob gugur yakni Bripda Alfando Steven Karamoy.

Selain itu KKB melakukan pembakaran terhadap rumah warga, jelas Kapolda Papua Irjen Pol. Fakhiri.

Direktur Operasional Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Isak Samuel Wopari secara terpisah mengakui, akibat aksi yang terjadi di Sugapa menyebabkan staf di kantor cabang pembantu diungsikan melalui Timika.

"Saat ini mereka masih berada di Nabire dan bergabung dengan Kantor Cabang BPD Papua, serta belum dipastikan kapan kembali bertugas di Sugapa karena masih menunggu jaminan keamanan," tutur Isak Wopari.