Kenali faktor penyebab dan gejala kanker pada anak

id gejala kanker ,anak kanker,penyebab kanker

Kenali faktor penyebab dan gejala kanker pada anak

Arsi-Sejumlah anak penyandang kanker menyaksikan pertunjukan sulap di atas LRT Jakarta saat berlangsungnya kegiatan pemberdayaan komunitas rentan dengan tema Ceriamu Ceriaku Bersama Kelompok Rentan di Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak dari Kelompok Staf Medis Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta menjelaskan faktor penyebab dan gejala kanker pada anak.

Dalam siaran radio daring yang diikuti dari Jakarta, Senin, Dr. dr. Teny Tjitra Sari, SpA(K) mengatakan bahwa penyebab kanker pada anak dan orang dewasa berbeda.

Menurut dia, penyebab kanker pada orang dewasa berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat dan lingkungan, sedangkan kasus kanker pada anak kebanyakan disebabkan oleh interaksi dari berbagai hal.

Baca juga: Pentingnya mengenali gejala kanker pada anak

"Genetik ada beberapa yang diturunkan dari orang tuanya, tapi ada juga yang memang jadi besar. Ia diterima oleh anak itu, lalu mengalami mutasi, itu juga bisa berperan menjadi timbulnya kanker. Ada juga yang kebanyakan karena interaksi berbagai hal, dia juga bisa menimbulkan kanker, jadi bukan semata-mata karena genetik saja," ia menjelaskan.

Anggota Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menyampaikan bahwa pada anak, gejala kanker dapat berupa demam yang tak kunjung sembuh setelah lebih dari dua minggu, wajah pucat, jalan sempoyongan, dan benjolan pada bagian tubuh.

"Pada prinsipnya, kalau ada benjolan yang seharusnya tidak boleh ada pada tubuh kita, kemudian anak terlihat pucat misalnya, atau mengalami pendarahan, dan tiba-tiba kejang, jalan sempoyongan, itu kemungkinan gejala dari kanker," katanya.

Baca juga: YKAI hadirkan 'Humanity in Harmony' untuk bangun Rumah Paliatif

Dia menganjurkan orang tua segera memeriksakan anak ke dokter apabila mendapati anak mengalami gejala-gejala semacam itu untuk mengetahui penyebabnya.

Teny menyampaikan pentingnya orang tua segera membawa anak yang mengalami gejala sakit ke fasilitas kesehatan terdekat supaya bisa mendapatkan penanganan medis yang dibutuhkan.

"Kami sudah mengajarkan para tenaga kesehatan di puskesmas untuk mendeteksi dini gejala kanker. Ini untuk akhirnya membantu merujuk kalau memang diperlukan," katanya.

Baca juga: Pengidap kanker anak kemungkinan besar hadapi tantangan kesehatan saat dewasa

Baca juga: Tanda-tanda kanker pada anak yang harus diwaspadai

Baca juga: Mengenal gejala kanker pada anak