Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, telah mengusulkan delapan sekolah dasar (SD) untuk mengikuti program Adiwiyata tingkat nasional.

"Kita telah usulkan kepada pemerintah provinsi sebanyak delapan sekolah untuk ikut Adiwiyata nasional," kata Kepala DLH Kota Palangka Raya, Rawang saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat.

Delapan sekolah tersebut ialah SDN 1 Palangka, SDN 6 Palangka, SDN 4 Menteng, SDN 4 Langkai, SDN 1 Langkai, SDN 5 Langkai, SDN 8 Langkai dan SDN 1 Menteng.

"Jadi delapan sekolah yang kita ajukan tersebut telah mengikuti seleksi tingkat kota dan provinsi," kata Rawang.

Rawang menambahkan pihaknya juga telah memverifikasi 20 sekolah yang akan diajukan pada program Adiwiyata tingkat provinsi.

Dia mengatakan secara umum penilaian sekolah Adiwiyata mencakup sejumlah hal, diantaranya partisipasi sekolah, siswa, orang tua dalam menciptakan suasana sekolah dan proses pembelajaran yang berwawasan lingkungan.

Tak hanya dari sisi fisik sekolah, namun penerapan program-program berwawasan lingkungan juga akan menjadi penilaian bergengsi pada program bidang lingkungan tersebut.

"Kita berharap ke depan sekolah-sekolah di Kota Palangka Raya yang dapat melaksanakan program Adiwiyata, sebab tujuan dari program Adiwiyata ialah menciptakan kondisi yang nyaman di sekolah melalui program berwawasan lingkungan," katanya.

Rawang pun mengajak seluruh sekolah yang ada ddi Kota Palangka Raya untuk mengembangkan dan menerapkan pola pendidikan berbasis lingkungan.

Seluruh sekolah dan masyarakat juga diminta aktif menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing karena upaya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman merupakan tanggungjawab bersama.

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024