Lulusan Teknik Sipil UMPR siap berkiprah langsung dalam pembangunan daerah

id Lulusan Teknik Sipil UMPR siap berkiprah langsung dalam pembangunan daerah, kalteng, Palangka raya, umpr

Lulusan Teknik Sipil UMPR siap berkiprah langsung dalam pembangunan daerah

Dokumentasi. Mahasiswa Fakultas Teknik UMPR mengikuti prosesi yudisium di Kota Palangka Raya belum lama ini. ANTARA/Fakultas Teknik UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 29 lulusan Fakultas Teknik (FT), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Kalimantan Tengah (Kalteng) yang baru saya melaksanakan yudisium siap mengabdi dan terjun langsung dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

"Sebanyak 29 lulusan Fakultas Teknik ini terdiri dari lulusan S1 Program Studi Teknik Sipil dan lulusan Prodi Teknik Lingkungan," kata Wakil Rektor  IV UMPR Dr Sanawiyah di Palangka Raya, Senin.

Wanita berhijab ini pun meminta para lulusan Fakultas Teknik menjadi alumni yang berkomitmen dan berdedikasi dengan profesi yang telah dipilih dan mengabdi untuk masyarakat.

"Lulus dari bangku perkuliahan bukan akhir perjalanan mahasiswa, tetapi sebagai langkah awal menuju kehidupan dan dunia nyata yang penuh persaingan tanpa batas," kata Sanawiyah.

Untuk itu, dia meminta para alumni menjadikan ilmu yang didapat selama perkuliahan sebagai dasar untuk terus mengembangkan kualitas diri.

Para alumni FT UMPR juga harus mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan dan kondisi yang berubah-ubah. Sehingga, kita harus terus berkreasi dan mengasah kemampuan untuk menjemput masa depan yang cerah.

Dia pun berpesan, agar para lulusan selalu menjaga nama baik almamater, menjadi orang yang berkarakter serta menerapkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan di setiap aktivitas.

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf meminta para alumni tidak berhenti belajar meski telah lulus dari jenjang pendidikan tinggi.

"Terus belajar dan aplikasikan bidang keilmuan kalian seiring dengan perkembangan zaman," kata Rekor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya ini.

Yusuf berpesan para lulusan UMPR agar terus mengembangkan pengetahuan dan keilmuan yang dimiliki sehingga semakin mampu menghadapi tantangan di tengah persaingan dalam bersosial bermasyarakat.

"Selain kemampuan akademik, modal utama dalam berkehidupan masyarakat adalah kemampuan mengelola mental yang kuat. Nanti realitas di dunia kerja akan sangat banyak tantangan yang dihadapi," katanya.

Dekan Fakultas Teknik Dr Ilham menerangkan, prosesi yudisium itu turut hadir para pejabat UMPR dan sejumlah pengurus Asosiasi Konstruksi di Palangka Raya.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Lingkungan yang telah naik menjadi Baik Sekali dari Badan Akreditasi LAM Teknik.

"Lulusan Fakultas Teknik sudah siap bersaing di dunia kerja karena para lulusan sudah dididik secara disiplin dan dibekali ilmu-ilmu yang nantinya dapat digunakan untuk kemaslahatan umat," kata Ilham.

Baca juga: Fisipol UMPR tawarkan program perkuliahan RPL bagi pekerja

Baca juga: 269 mahasiswa ikuti prosesi yudisium Fisipol UMPR

Baca juga: Fisipol UMPR-Polda Kalteng-IMM berbagi takjil untuk pengendara