Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, menyatakan masih ada sebanyak 1.329 warga lapas/rutan yang belum tercatat sebagai pemilih.

"Untuk lapas/rutan di Kalteng, masih diproses sebagian dan harus ada koordinasi di tingkat pusat," kata Komisioner KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja di Palangka Raya, Kamis.

Dari sebanyak 10 lapas/rutan di Kalteng, jumlah total warganya adalah sebanyak 3.515 orang. Saat ini sudah sebanyak 1.178 orang telah masuk pada daftar pemilih tetap hasil perbaikan 2 (DPTHP-2) dan sebanyak 1.008 orang berpotensi sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb).

Belum tercatatnya sebagian warga lapas/rutan diakibatkan sejumlah hambatan teknis administratif di kabupaten/kota. Namun saat ini masalah tersebut telah disampaikan ke tingkat pusat untuk ditindaklanjuti.

"Kami harapkan masalah ini segera selesai, mengingat sesuai ketentuan ketersediaan surat suara paling lambat yaitu 30 hari sebelum waktu pemungutan. Jika bisa diselesaikan sebelum batas waktu tersebut, tentu jumlah surat suara yang dialokasikan untuk lapas/rutan pun akan sesuai kebutuhan tanpa perlu ada penambahan lagi," ungkapnya kepada awak media.

Baca juga: Partisipasi pemilih Kalteng ditargetkan lampaui nasional

Baca juga: Ini cara KPU Kalteng tingkatkan pemilih milenial di Pemilu 2019

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan, saat ini pihaknya juga fokus mengakomodir pemilih kategori mahasiswa serta pekerja di perusahaan, khususnya perusahaan besar swasta baik bidang perkebunan maupun pertambangan.

Untuk mahasiswa, dari potensi sebanyak ribuan orang, baru terdata antara 300-400 orang. Hal ini dikarenakan perkuliahan sedang libur, sehingga banyak mahasiswa yang pulang ke kampung halamannya.

"Kami sudah mengoordinasikan masalah ini kepada pihak kabupaten/kota, agar mahasiswa tersebut dapat diproses di tempat asalnya," ungkap Wawan.

Sementara itu, untuk mereka yang bekerja di perusahaan besar swasta, seperti Lamandau, Barito Utara, Kotawaringin Barat dan beberapa daerah lainnya, juga telah ditindaklanjuti KPU setempat bersama instansi terkait lainnya.

Bahkan untuk melaksanakan proses pendataan, telah dibuka posko di lokasi sekitar perusahaan. Selain itu, sejauh ini respon dari perusahaan juga cukup bagus untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019.

Baca juga: Tingkatkan partisipasi pemilih pemula, pemprov gandeng KPU Lamandau

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024