Legislator Gumas dukung 10 program pokok PKK

id Legislator Gumasdukung 10 program pokok PKK, kalteng, gumas, Gunung mas, dprd gumas

Legislator Gumas dukung 10 program pokok PKK

Legislator Kabupaten Gumas Cici Susilawati. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendukung Tim Penggerak PKK dalam mewujudkan 10 program pokok organisasi.

Dengan dukungan seluruh pihak maka diharap TP PKK dapat mewujudkan 10 program pokok hingga ke tingkat desa/kelurahan, kata Cici di Kuala Kurun, Kamis.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Sama seperti halnya TP PKK, baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten, perlu kerja sama dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan demi terwujudnya 10 program pokok organisasi,” sambung dia.

TP PKK memiliki 10 program pokok yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

Perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing itu menyebut, 10 program TP PKK tadi sangat baik dan jika terwujud maka akan meningkatkan derajat hidup masyarakat di berbagai bidang.

Namun untuk mewujudkan 10 program TP PKK diperlukan kerja keras dan tentunya dukungan dari seluruh pihak. Oleh sebab itu, dia meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung TP PKK dalam mewujudkan program pokok organisasi.

“Seluruh pihak yang saya maksud termasuk perangkat daerah yang berkaitan dengan 10 program pokok TP PKK. Dengan adanya dukungan perangkat daerah, saya yakin TP PKK bisa mewujudkan 10 program pokok organisasi,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Baca juga: Legislator Gumas dukung metode Gasing jadi ekstrakurikuler di sekolah

Lebih lanjut, TP PKK Gumas melaksanakan rapat konsultasi yang dipusatkan di Kuala Kurun, awal Mei 2024. Dari rapat tersebut Cici berharap kader TP PKK mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan, akan semakin terpacu untuk mewujudkan 10 program pokok organisasi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gumas mengajak TP PKK kabupaten setempat berperan aktif mewujudkan keluarga berdaya dan mandiri.

 Upaya mewujudkan keluarga berdaya dan mandiri dapat tercapai melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Sekretaris Daerah Richard saat membuka rapat konsultasi TP PKK kabupaten di Kuala Kurun, Senin (6/5).

 “Dalam melaksanakan 10 program PKK hendaknya juga harus bisa bersinergi dengan instansi terkait,” sambung dia.

 Sejauh ini TP PKK Gumas telah berperan dan ambil bagian dalam upaya mewujudkan keluarga berdaya dan mandiri, salah satunya adalah dengan mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan angka prevalensi stunting di kabupaten setempat.

 Angka prevalensi stunting di Gumas mengalami penurunan, di mana berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 sebesar 17,9 persen dan berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 sebesar 12,9 persen.

“Penurunan angka prevalensi stunting di Gumas tak lepas dari peran aktif seluruh pihak, termasuk TP PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan,” demikian Richard.

Baca juga: Legislator Gumas berharap kinerja kades meningkat usai terima motor dinas

Baca juga: Legislator Gumas wujudkan tiga unit trail untuk pemerintah desa

Baca juga: Bupati Gumas daftar ke sejumlah parpol untuk maju Pilkada 2024