Legislator Gumas wujudkan tiga unit trail untuk pemerintah desa

id Legislator Gumaswujudkantiga unit trail untuk pemerintah desa, kalteng, gumas, Gunung mas

Legislator Gumas wujudkan tiga unit trail untuk pemerintah desa

Legislator Gumas Cici Susilawati, Kepala DPMD Yulius, para kades penerima bantuan motor trail, dan lainnya berfoto bersama usai penyerahan secara simbolis di Kuala Kurun, Senin (13/5/2024). ANTARA/Chandra  

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati menggunakan program pokok pikiran (pokir) 2024 untuk mewujudkan pengadaan tiga unit sepeda motor trail untuk tiga pemerintah desa setempat.

Tiga pemerintah desa yang dimaksud yakni Taringen dan Tangki Dahuyan di Kecamatan Manuhing, serta Jalemu Masulan di Kecamatan Rungan Barat, kata Cici di Kuala Kurun, Senin.

“Masing-masing pemerintah desa tadi mendapat satu unit sepeda motor trail,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Dia berharap keberadaan sepeda motor trail akan memudahkan mobilitas tiga kepala desa tadi, jika mereka ingin melakukan perjalanan ke Kuala Kurun, yang merupakan pusat pemerintahan tingkat kabupaten.

Lebih lanjut, selain mendukung pemerintahan desa, perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing ini juga menggunakan program pokir 2024 di bidang lain, seperti keagamaan, infrastruktur, dan olahraga.

Baca juga: Pemkab gelontorkan Rp19,5 miliar rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin

“Untuk program pokir 2024 di bidang lain saat ini sedang dalam proses. Jadi mohon bersabar sekaligus mohon dukungan doa agar semua berjalan lancar sehingga bisa segera terealisasi,” beber politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Yulius menyambut baik bantuan motor trail bagi Pemerintah Desa Taringen, Tangki Dahuyan, dan Jalemu Masulan dari program pokir tersebut.

Dia menegaskan, pemerintah dalam hal ini kepala desa bertanggung jawab untuk memelihara, merawat, menggunakan, serta mencatat sepeda motor trail tadi dalam aset inventaris desa.

Lainnya, Kades Taringen Nopenson mengatakan bahwa sebelumnya pemerintah desa se-Gumas telah mendapat motor dinas Honda Supra X 125 CW, yang cocok digunakan untuk mobilitas di dalam desa.

“Kalau untuk mobilitas dari desa kami ke Kuala Kurun cocoknya memang menggunakan motor trail, karena belum semua jalan mulus beraspal. Jadi kalau cuaca sedang hujan tidak masalah,” demikian Nopenson.

Baca juga: Bupati lepas keberangkatan calon haji di Gunung Mas

Baca juga: Bupati Gumas daftar ke sejumlah parpol untuk maju Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Gumas mulai salurkan bantuan permakanan cegah stunting