Pemkab gelontorkan Rp19,5 miliar rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin

id pemkab gumas, bupati jaya s monong, perbaikan jalan, kuala kurun, gunung mas

Pemkab gelontorkan Rp19,5 miliar rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Kepala DPU Baryen dan Sekretaris DPU Bambang Jaya meninjau ruas jalan Sepang Simin-Tumbang Empas, akhir Januari 2024. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menggelontorkan anggaran sekitar Rp19,5 miliar untuk melakukan rekonstruksi ruas jalan Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya menuju Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gumas Baryen melalui Sekretaris Bambang Jaya di Kuala Kurun, Senin, mengatakan anggaran belasan miliar rupiah tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Anggaran untuk rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin tahun 2024 berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik Pengembangan Food Estate,” sambung dia.

Di antara ruas jalan Tumbang Empas-Sepang Simin terdapat satu dusun yang dihuni beberapa warga. Jalan yang melewati dusun tersebut rencananya akan dilakukan pengaspalan sepanjang satu kilometer.

Dia menerangkan, saat ini rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin sedang memasuki tahap lelang, di mana proses lelang tersebut diperkirakan segera selesai dalam waktu dekat.

Masih rekonstruksi ruas jalan antarkecamatan, Pemkab Gumas juga akan merekonstruksi ruas jalan Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun menuju Tumbang Empas. Adapun anggaran yang disiapkan adalah senilai Rp2,5 miliar dari APBD kabupaten 2024.

“Untuk ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas akan dilakukan rekonstruksi di beberapa titik, supaya masyarakat nyaman melintas di sana,” beber Bambang Jaya.

Baca juga: Bupati lepas keberangkatan calon haji di Gunung Mas

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong menegaskan pemkab memberi perhatian serius terhadap perbaikan ruas jalan di daerah setempat, termasuk ruas jalan Tumbang Empas-Sepang Simin serta Tumbang Miwan-Tumbang Empas.

Namun karena keterbatasan anggaran, maka pembangunan dilakukan secara bertahap. Walau demikian, dia bersyukur Pemkab Gumas dapat melanjutkan perbaikan ruas jalan Tumbang Empas-Sepang Simin dan Tumbang Miwan-Tumbang Empas.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh pihak supaya pembangunan di Gumas bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” demikian Jaya.

Baca juga: Bupati Gumas daftar ke sejumlah parpol untuk maju Pilkada 2024

Baca juga: Diskominfo Kotim verifikasi lapangan 31 usulan peningkatan jangkauan internet

Baca juga: Pemkab Gumas mulai salurkan bantuan permakanan cegah stunting