Legislator Gumas berharap kinerja kades meningkat usai terima motor dinas

id Legislator Gumas berharap kinerja kadesmeningkat usai terima motor dinas, kalteng, gumas, Gunung mas, motor dinas

Legislator Gumas berharap kinerja kades meningkat usai terima motor dinas

Legislator Kabupaten Gumas Edyson D Kenting. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Edyson D Kenting berharap kinerja seluruh kepala desa (kades) di wilayah setempat akan semakin meningkat, terlebih usai menerima sepeda motor dinas untuk operasional.

“DPRD Gumas memang menyepakati anggaran untuk pengadaan motor dinas kades dan bisa terwujud pada tahun 2024 ini. Semoga ke depan kinerja mereka akan semakin baik,” ucap Edyson di Kuala Kurun, Selasa.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini menyebut, keberadaan motor dinas tentunya juga diiringi dengan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh kades.

Tanggung jawab yang dimaksud seperti rutin merawat motor dinas supaya tidak cepat rusak, serta menggunakan motor dinas secara maksimal untuk menjalankan roda pemerintahan dan melayani masyarakat desa.

Lebih lanjut, jenis motor dinas bagi kades se-Gumas adalah Honda Supra X 125 CW. Para kades harus menggunakan motor tersebut sesuai medan dan jangan memaksa digunakan di medan yang tidak pas.

“Misalkan di jalan yang dilalui medannya belum beraspal dan tidak memungkinkan dilalui maka jangan dipaksa. Gunakan saja motor dinas tersebut untuk melakukan pelayanan di dalam desa,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Legislator Gumas wujudkan tiga unit trail untuk pemerintah desa

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong menyerahkan secara simbolis kendaraan operasional roda dua alias motor bagi seluruh pemerintah desa di daerah setempat.

"Gunakan dan manfaatkan kendaraan operasional ini sebaik mungkin dalam menunjang pelaksanaan tugas sebagai kepala desa sekalian," kata Jaya di Kuala Kurun, Rabu lalu.

Pemerintah Kabupaten Gumas menganggarkan Rp2 miliar lebih untuk pengadaan sepeda motor bagi 114 pemerintah desa yang ada di daerah setempat.

Jaya mengatakan, Pemkab Gumas memenuhi usulan pengadaan sepeda motor dinas kepada seluruh kades di daerah setempat, sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Kades yang berada di lapangan memiliki mobilitas yang cukup tinggi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Harapan saya nantinya kinerja mereka akan lebih maksimal," demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab gelontorkan Rp19,5 miliar rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin

Baca juga: Bupati lepas keberangkatan calon haji di Gunung Mas

Baca juga: Bupati Gumas daftar ke sejumlah parpol untuk maju Pilkada 2024