Palangka Raya (ANTARA) - Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Palangka Raya, sukses menyelenggarakan kegiatan Lomba Temu Prestasi (LTP) ke-IV se-Kalimantan Tengah yang dipusatkan di kawasan Stadion Mini UPR dari tanggal 19-21 Juli 2019. Kegiatan itu diikuti sekira 200 orang peserta dan berjalan sesuai dengan harapan panitia.

"Perlombaan dua tahun sekali itu diikuti dari tingkat Madya (SMP) dan tingkat Wira (SMA) se-Kalteng, kegiatan tersebut tentu sangat berkesan dan banyak pengalaman yang didapat oleh panitia serta peserta," kata Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan yang mewakili Rektor UPR Iring di Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan, universitas tertua di provinsi yang memiliki luas lahan terbesar di Indonesia setelah Papua itu sangat mengapresiasi kerja keras para mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan KSR PMI unit UPR. Apalagi dengan jadwal kuliah yang padat dan tugas yang banyak, tidak membatasi para relawan untuk aktif di UKM KSR PMI UPR sehingga bisa sukses menyelenggarakan event yang sangat luar biasa tersebut.

"Kedepan kegiatan seperti ini kami harapkan dapat terus ditingkatkan dan pihak universitas berjanji akan terus menssuport kegiatan positif seperti ini sebagai bagian promosi Universitas Palangka Raya di eksternal kampus," katanya.

Sementara itu, menurut Ketua PMI Kota Palangka Raya Rusliansyah bahwa KSR PMI unit UPR harus terus aktif dan menjadi contoh KSR yang lain dalam menyelenggarakan kegiatan kesukarelawanan di daerah setempat.

Rusli juga sangat kagum dengan kiprah KSR PMI unit UPR yang selama ini terus aktif dalam menjalankan kegiatan kemanusiaan. Sedangkan harapan kedepan KSR PMI unit UPR juga bisa menjadi contoh anak-anak PMR ketika masuk perguruan tinggi terus aktif di dunia kerelawanan.

"Semoga dengan adanya kegiatan LTP ke-IV se-Kalteng ini sifat relawan para anggota bisa di tularkan kepada masyarakat di daerah kita. Hal tersebut tidak lain adalah agar jiwa relawan dan sosial dalam membantu sesama terus dimiliki masyarakat kita," tandasnya.

Selama ini PMI Kota Palangka Raya selalu hadir ketika masyarakat memerlukan bantuan tenaga warga ketika tertimba bencana alam serta lain sebagainya. Mereka memberikan bantuan sama sekali tanpa pamrih.

Bahkan mereka juga membantu meringankan penderitaan masyarakat yang rumahnya terkena bencana kebakaran, dengan cara menggalang dana dari untuk membantu kebutuhan hidup mereka sehari-hari. hal seperti itu juga sudah sangat sering dilakukan pengurus PMI setempat.

Baca juga: PMI Kalteng dorong pengembangan PMI Kapuas

Baca juga: PMI Barito Selatan tingkatkan kapasitas pengurus dan relawan

Baca juga: Wabup Gumas terpilih sebagai Ketua Kabupaten PMI Gumas 2019-2024

 

Pewarta : Adi Wibowo
Editor : Rachmat Hidayat
Copyright © ANTARA 2024