Pj Bupati Katingan tekankan ASN harus terus tingkatkan kapasitas

id Penjabat Bupati Katingan, pj Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Kalteng, Saiful, Katingan

Pj Bupati Katingan tekankan ASN harus terus tingkatkan kapasitas

Pj Bupati Katingan Saiful memimpin pelaksanaan apel Gabungan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan, di halaman kantor bupati setempat, Jumat (17/5/2024). ANTARA/Naslee.

Kasongan, Katingan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Saiful menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten setempat, agar terus belajar dan meningkatkan kapasitas.

"Tingkatkan terus kemampuan dan kapasitas diri, jangan jauhkan diri dari ibadah, laksanakan pekerjaan sesuai aturan. Sehingga tercipta ASN Kabupaten Katingan yang mumpuni, berakhlak dan kompeten," kata Saiful, di Kasongan, Jumat.

Dia juga meminta Aparatur Sipil Negara untuk terus menjaga disiplin pegawai, etos kerja dan komitmen yang telah dituangkan dalam perjanjian kinerja agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Katingan memimpin pelaksanaan apel Gabungan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan, di halaman kantor bupati setempat.

Dia juga mengajak seluruh ASN untuk bersama-sama merefleksikan gagasan awal terbentuknya bangsa Indonesia dalam rangka menyambut Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116 yang diperingati pada tanggal 20 Mei mendatang.

"Keteladanan dari para pendiri bangsa, ide-ide terkait kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan adalah tugas kita bersama untuk melanjutkan semangat kebangkitan yang telah dipancangkan," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa bangsa kita memiliki potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bahwa 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini merupakan tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi baru.

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan lepas kontingen berlaga diFBIM Kalteng

Kemudian adalah beragam tantangan dan peluang akan muncul nantinya, oleh karena itu haruslah siap menghadapinya. Utamanya adalah kemajuan teknologi, sehingga harus siap dalam mengadaptasi perkembangan teknologi.

"Pencanangan percepatan transformasi digital oleh bapak Presiden Joko Widodo telah mulai dipacu beberapa tahun terakhir, yang bertujuan untuk mendorong terciptanya lapangan kerja baru serta mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa," katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam, potensi bonus demografi dan potensi transformasi digital ini untuk menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045".

Baca juga: DPRD Katingan sampaikan 12 rekomendasi terhadap LKPJ Bupati

Baca juga: Sigit mendaftar Pilkada Kalteng lewat enam pengurus Ranting PDI-P Katingan

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan berharap Timnas Indonesia masuk Olimpiade