Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara telah melaksanakan rapat koordinasi bersama dinas instansi terkait dalam rangka persiapan penilaian Adipura 2019.

“Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan, dan merekalah yang memberikan himbauan kepada masyarakat yang ada di Muara Teweh," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara Suriawan Prihandi di Muara Teweh, Kamis.

Semoga dengan dukungan seluruh masyarakat, kata dia, di daerah ini apa yang kita harapkan bisa tercapai untuk meraih Adipura.

Menurut dia, Adipura merupakan penghargaan yang pretisius, penghargaan yang sangat bagus, dimana Pemerintah Kabupaten Barito Utara layak untuk diberikan dari sisi pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

"Untuk mendukung kegiatan penilaian Adipura tersebut, pihaknya juga telah membagikan puluhan tong sampah di beberapa titik pantai. Tong sampah ini di bagikan ke beberapa wilayah seperti pemukiman, sekolah-sekolah, RSUD, terminal dan pelabuhan," katanya didampingi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Nailil Fasihah.

Baca juga: 11 titik pantau di Muara Teweh dinilai tim Penilai Adipura

Lokasi pemantauan yaitu pasar, jalan, sekolah, RSUD, terminal dan pelabuhan, hutan kota, tempat pembuangan akhir (TPA), perkantoran.

Penilaian nantinya akan dilakukan dari kilometer 13 TPA Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu, tempat penumpukan akhir sampah, kantor dan taman lingkungan hidup.

Selanjutnya Kantor Bupati Barito Utara, SDN 5 Melayu, SMPN 2, Pasar Pendopo, Pelabuhan, Pasar PBB, RSUD Muara Teweh, SMAN 1, SMAN 2, taman stadion Swakarya, dan perumahan Jalan Wira Praja.

"Kami dari Dinas Lingkungan Hidup juga berharap agar masyarakat Kabupaten Barito Utara agar mencintai lingkungan bersih, jangan membuang sampah disembarang tempat. Dalam penilaian tersebut bobot nilai yang paling tinggi yaitu pengelolaan sampah di TPA," kata Nailil Fasihah menambahkan.

Sementara Kepala Bidang Tata Kota pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara, Simamoraturahman mengatakan bahwa pihaknya  melalui bidang Tata Kota yang menangani kebersihan dan persampahan di daerah ini.

"Kita harapkan Kabupaten Barito Utara tahun ini bisa meraih piala Adipura sebagai kado buat pemerintah daerah," katanya. Ia juga mengatakan dalam hal kebersihan kota dan tentang bagaimana pengelolaan sampah dikota Muara Teweh.

"Untuk itu kami minta dukungan dari semua elemen masyarakat dalam penanganan sampah ini, agar dalam penilaian piala Adipura Kabupaten Barito Utara meraih yang terbaik," katanya yang akrab disapa Mora ini.

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024