Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah Barnusa mengatakan, kucuran dana desa sangat membantu pembangunan di perdesaan, salah satunya Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah.

"Tahun ini Desa Dambung menerima DD (dana desa) sebesar Rp889 juta. Dengan adanya DD, maka bisa menunjang pembangunan di Desa Dambung,” kata Barnusa di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, Desa Dambung tidak menerima DD tiga tahun berturut-turut sejak tahun tahun 2017-2019, sehingga pembangunan di Desa Dambung hanya mengandalkan kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab Bartim.

Desa Dambung tahun 2020 menerima ADD sebesar Rp649 juta dan DD sebesar Rp889 juta, sehingga total dana sebesar Rp1,538 miliar. Dana tersebut bisa dipergunakan untuk percepatan pembangunan di Desa Dambung.

“Kami mengharapkan Pemerintah Desa Dambung benar-benar memanfaatkan ADD dan DD yang diterima bisa dipergunakan dengan semaksimal mungkin untuk percepatan pembangunan,” kata Barnusa lagi.

Mantan Asisten II Bidang Perekonomian itu menambahkan, saat ini DPMD Bartim merancang skema penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tidak disusun pada tahun berjalan.

“Tetapi disusun sebelum tahun anggaran, seperti penyusunan APBD Bartim. Misalnya APBDes 2021, maka disusun pada tahun anggaran 2020,” kata Barnusa.

Dijelaskan Barnusa, aparatur desa diharapkan mempelajari dan memahami mekanisme penyusunan APBDes sesuai dnegan ketentuan perundangan yang berlaku. Demikian pula dengan peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusunan APBDes.

Penyusunan APBDes yang mengalami keterlambatan akan mempengaruhi serapan anggaran serta lambannya manfaat pembangunan yang harusnya bisa dirasakan masyarakat.

“Saat ini kita berupaya maksimal agar penyusunan APBDes bisa dilaksanakan aparatur desa secara mandiri. Kita membuka ruang konsultasi penyusunan APBDes. Dan penyusunan APBDes 2021, kita upayakan bisa dilaksanakan lebih awal sebelum akhir tahun 2020,” demikian Barnusa.


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024