Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar berharap peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Peringatan tersebut hendaknya menjadi momentum bagi masyarakat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan,”ucap Akerman saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Dia menyebut, selama ini persatuan dan kesatuan di Gumas telah terjalin dengan baik. Segala perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan dapat dikesampingkan sehingga persatuan dan kesatuan selalu terjaga.

Baca juga: Bawaslu Gumas butuhkan 273 orang untuk jadi pengawas TPS, ini syaratnya

Pancasila, ujar legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, terbukti dapat mempersatukan segala perbedaan yang ada di masyarakat.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini berharap penerapan nilai - nilai Pancasila dapat selalu dilakukan oleh masyarakat Gumas, di dalam kehidupan sehari - hari.

“Mari kita bersama – sama meperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kita hendaknya dapat menjadikan Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Baca juga: Wabup Gumas: Film G30S/PKI penting untuk mengetahui bahaya laten PKI

Dia juga mengajak masyarakat khususnya generasi muda di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau agar selalu mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang menegakkan Pancasila.

Menurut dia, perjuangan para pahlawan harus dilanjutkan oleh generasi muda. Salah satu caranya adalah dengan tekun belajar, agar nantinya generasi muda dapat melanjutkan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan.

Lebih lanjut, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan yang berat dimana terjadi pandemi virus corona atau COVID-19, yang berdampak bagi masyarakat di berbagai bidang.

“Walau menghadapi tantangan yang berat, saya yakin semua dapat kita lewati dengan persatuan dan persaudaraan yang kuat, berlandaskan pada Pancasila. Mari kita wujudkan Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila,” demikian Akerman.

Baca juga: Guru di Gumas diharap dapat menjadi pegiat anti narkoba

Baca juga: Disbudpar Gumas siapkan "One Stop Tourism"

Baca juga: Poktan di Gumas berhasil tanam jagung hibrida secara manual

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024