Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan mengatakan perempuan Indonesia harus mewarisi semangat dan perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memajukan kaum perempuan.

“Setiap tanggal 21 April kita memperingati Hari Kartini. Kiranya peringatan Hari Kartini  menjadi momentum bagi perempuan Indonesia untuk mewarisi semangat dan perjuangan beliau,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut, RA Kartini yang berjuang untuk emansipasi telah berhasil membuat kaum perempuan mempunyai derajat yang setara dengan kaum pria, di berbagai bidang.

Di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, tutur dia, kaum perempuan juga telah turut berperan dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pembangunan serta pemerintahan.

Baca juga: DPRD Gumas pantau ujian sekolah di SMPN 1 Kahut

Hal itu dapat dilihat dari Wakil Bupati Gumas yakni Efrensia L.P Umbing yang merupakan seorang perempuan. Lalu Wakil Ketua II DPRD Gumas Neni Yuliani yang juga merupakan seorang perempuan.

“Dari 25 kursi yang ada di DPRD Gumas Periode 2019-2024, sebanyak 12 kursi diraih oleh kaum perempuan,” papar wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Kaum perempuan Gumas juga terlibat dalam pemerintahan di tingkat desa atau kelurahan, di mana ada kepala desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan lurah yang merupakan kaum perempuan.

Baca juga: DPRD Gumas dorong Eyger Sing lanjutkan pendidikan

Bahkan, sambung wakil rakyat yang telah terpilih sebanyak tiga kali berturut-turut ini, kaum perempuan Gumas juga menduduki sebagai Ketua Rukun Tetangga (RT) di beberapa desa dan kelurahan.

Dia pun berharap ke depan kaum perempuan Indonesia, khususnya Gumas, dapat terus berperan dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pemerintahan serta pembangunan, namun dengan tetap menjalankan tugas sebagai seorang istri dan ibu.

“Tetap semangat berkarya di segala bidang, miliki dedikasi yang tinggi, serta loyalitas dalam mendukung pembangunan. Kaum perempuan hendaknya dapat menjadi berkat bagi keluarga, bangsa dan negara,” demikian Rayaniatie.

Baca juga: Pemkab Gumas telah sampaikan usulan relokasi di sejumlah desa

Baca juga: Petinju Eyger Sing tidak keberatan mengganti nama ring

Baca juga: Lansia di Gumas dukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024