Ku (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong didampingi Kapolres AKBP Irwansah dan lainnya mencanangkan Desa Petak Bahandang, Kecamatan Kurun sebagai Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila, Rabu.

Dengan dicanangkan sebagai Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila diharap masyarakat Petak Bahandang dapat menjadi contoh bebas dari narkoba serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kata Jaya.

“Yang penting adalah komitmen untuk pelaksanaan di dalam kehidupan sehari-hari. Ini yang saya garis bawahi,” ucap orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Suami dari Mimie Mariatie ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Gumas dan berbagai pihak lainnya, yang telah memprakarsai pencanangan Petak Bahandang sebagai Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila.

Baca juga: Puluhan desa di Gunung Mas dilanda banjir

Kapolres Gumas AKBP Irwansah mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya memerangi penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba. Dia meminta dukungan kepada seluruh pihak, termasuk masyarakat desa.

"Peresmian Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila diharapkan bisa memberikan arti tersendiri bagi masyarakat Petak Bahandang dan sekitarnya, dalam melahirkan generasi yang berkualitas," kata dia.

Kasat Resnarkoba Ipda Budi Utomo mengatakan, sejauh ini  sudah ada dua desa/kelurahan yang ditunjuk sebagai pilot project pembentukan Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila.

Dua desa/kelurahan tersebut adalah Kampung Baru RT 16 RW 03 Kelurahan Kuala Kurun dan Petak Bahandang, keduanya di Kecamatan Kurun. Ke depan Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila akan dicanangkan di desa/kelurahan lainnya.

Kades Petak Bahandang Dediyanto mengaku bangga desanya ditunjuk menjadi Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila. Diharap Petak Bahandang bisa menjadi contoh bagi desa/kelurahan lain.

“Saya harap Petak Bahandang bersih dari narkoba, dan tidak ada masyarakat yang terpapar narkoba. Semoga generasi muda Petak Bahandang bisa lebih maju dan cemerlang,” demikian Dediyanto.

Baca juga: Legislator Gumas ingin tes urine dilakukan secara merata

Baca juga: Masyarakat Kabupaten Gumas diminta tidak pilih-pilih vaksin

Baca juga: Pejabat Pemkab dan Polres Gumas jalani tes urine

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024