Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo menyarankan masyarakat yang ada di daerah itu agar segera bervaksin atau melengkapi vaksin lanjutan yang sudah pernah diikutinya.

"Saat ini banyak sejumlah daerah yang mengalami peningkatan penyebaran COVID-19 varian baru, maka dari itu segera bervaksin agar meningkatkan daya tahan tubuh biar terhindar dari wabah tersebut," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Sigit mengatakan, memang wabah varian BA.4 dan BA.5 COVID-19 yang ramai menyebar di sejumlah daerah belum terdeteksi di Kota Palangka Raya, namun alangkah baiknya mengantisipasi terlebih dahulu.

Misalnya bagi warga yang belum bervaksin lengkap, agar segera melengkapinya sehingga kekebalan tubuhnya kuat dan tidak mudah terserang virus.

"Saya dapat informasi memang virus BA.4 BA.5 itu belum ada terdeteksi di Palangka Raya, namun masyarakat tetap mewaspadai persoalan ini agar tidak masuk ke tempat kita," katanya.

Politisi PDIP Kota Palangka Raya yang hobi olahraga offroad juga meminta kepada pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, juga terus gencar melakukan mengantisipasi terkait hal tersebut.

Seperti membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah, berolahraga yang rutin, usai beraktivitas biasakan cuci tangan dan apabila berada di dalam ruangan wajib menggunakan masker.

"Kalau semua sudah dilakukan sehingga wabah tersebut tetap menyerang daerah kita, jangan khawatir virus tersebut dapat disembuhkan maka dari itu masyarakat jangan panik ketika terpapar," ungkapnya.

Berdasarkan pengakuan Ketua Harian Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani COVID-19 BA.4 dan BA.5 belum terdeteksi di 'Kota Cantik'.

"Berdasarkan uji sampel dari para pasien dengan gejala klinis varian tersebut, tidak ada yang mengarah ke sebaran BA.4 dan BA.5," tutur Emi Abriyani.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024