Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi pelaksanaan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022 karena turut membantu membangkitkan sektor pariwisata serta usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah setempat.
 
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis, mengatakan, festival ini memberi banyak manfaat, salah satunya memperkenalkan ragam potensi pariwisata maupun produk-produk unggulan UMKM.
 
"Selain itu, juga menumbuhkan kepedulian sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM yang sempat terpukul akibat pandemi COVID-19," terangnya.
 
Apalagi festival yang dilaksanakan sejak 4-7 Agustus 2022 ini memiliki rangkaian kegiatan yang sangat produktif, seperti pameran dan promosi digital, business matching, seminar dan talkshow, workshop, fashion show, hiburan, kuliner lokal, serta lainnya.

Baca juga: Diskominfo Kalteng pacu pemanfaatan situs web resmi pemerintah
 
Untuk itu dia berharap kegiatan yang strategis ini, semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, khususnya di bidang industri kreatif dan pariwisata.
 
"Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bekerja bersama agar pulih lebih cepat serta bangkit lebih kuat," tegasnya.
 
Sebab pemerintah tak bisa bekerja sendiri dan perlu dukungan dari perbankan, akademisi, dunia usaha serta masyarakat untuk berbuat sesuai perannya masing-masing dalam membangun ekonomi daerah maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Dia pun mengapresiasi partisipasi dan kontribusi Bank Indonesia (BI) selama ini dalam pemulihan ekonomi di Kalteng, termasuk melalui penyelenggaraan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022.
 
"Selama ini BI secara aktif membina UMKM baik dari sektor kerajinan maupun pangan, berbagai pelatihan agar UMKM bisa naik kelas, fasilitasi sertifikasi halal, serta pameran dari skala nasional hingga internasional," tuturnya.
 
Pria yang pernah menjadi Bupati Pulang Pisau ini menjelaskan, momentum kebangkitan ekonomi kreatif UMKM dan pariwisata harus terus didorong dan dijaga bersama, terlebih seiring melandainya pandemi COVID-19.
 
"Alhamdulillah kedua sektor ini baik UMKM dan pariwisata sudah mulai kembali menggeliat. Salah satunya bisa dilihat dari gelaran Kalteng Expo 2022 yang baru saja diselenggarakan sebelumnya, mendapat sambutan yang sangat antusias dari berbagai pihak," ucapnya.

Baca juga: Dukung UCI MTB, Bandara Tjilik Riwut sediakan ruang bagi UMKM dan perajin

Baca juga: Kalteng dukung pengurangan emisi GRK melalui pembangunan berwawasan lingkungan

Baca juga: DP3APPKB Kalteng perkuat intervensi sensitif turunkan angka stunting

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024