Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Untung Jaya Bangas meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten agar segera menangani Jembatan Maraya yang ambruk.

“Saya mendapat informasi dari Pemerintah Desa Tumbang Maraya, Kecamatan Damang Batu, bahwa Jembatan Maraya Ambruk, baru-baru ini,” ucapnya kepada awak media di Kuala Kurun, Selasa.

Jembatan Maraya merupakan jembatan yang berada di Kecamatan Damang Batu. Jembatan tersebut menghubungkan Kelurahan Tumbang Marikoi dengan desa lain seperti Tumbang Maraya, Tumbang Anoi, dan lainnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyebut, jembatan tersebut berbahan kayu dan telah berusia belasan tahun. Meluapnya Sungai Maraya yang terjadi baru-baru ini membuat jembatan tersebut ambruk.

Mengingat Jembatan Maraya sangat vital bagi warga sekitar, maka dia meminta kepada Dinas PU Gunung Mas agar segera menangani jembatan tersebut. Dengan demikian aktivitas masyarakat tidak terhambat.

Baca juga: Bupati Gumas: Tetap prokes saat pemungutan suara pilkades serentak

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Gunung Mas, dan mereka menyatakan siap menangani Jembatan Maraya walau secara darurat. Untuk dananya sudah siap, dari tanggap darurat,” bebernya.

Dikatakan olehnya, penanganan memang dilakukan secara darurat, supaya pengerjaan tidak memakan banyak waktu dan dapat segera fungsional. Namun ke depan perlu dipikirkan untuk membangun jembatan permanen.

“Kalau dibangun jembatan permanen diperlukan proses perencanaan, lelang, dan lainnya yang memakan waktu, sedangkan jembatan itu vital dan harus segera fungsional. Jadi penanganan dilakukan secara darurat dulu,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Gunung Mas, Baryen mengatakan pihaknya akan segera menangani Jembatan Maraya yang ambruk. Sesuai rencana, tim dari Dinas PU Gunung Mas hari ini ke lokasi.

“Saat ini Dinas PU Gunung Mas sedang melakukan komunikasi dengan penyedia bahan jembatan di Kelurahan Tumbang Marikoi, untuk penyiapan bahan-bahan penanganan jembatan,” demikian Baryen.

Baca juga: Ketua DAD Gumas minta tokoh adat bersinergi dengan seluruh pihak

Baca juga: PBVSI Cup Gunung Mas jaring atlet hadapi porprov

Baca juga: Bupati Gumas: Jaga kamtibmas jelang pemungutan suara pilkades


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024