Buntok (ANTARA) -
Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Yangsi Hartini mengatakan olahraga dayung berpotensi besar angkat nama kabupaten ini bahkan hingga ke tingkat nasional.
 
"Karena, di daerah ini memiliki bakat alami olahraga dayung," katanya saat memimpin rapat perdana pengurus PODSI Barito Selatan periode 2022-2026, di Buntok, Sabtu.
 
Dikatakannya, hal itu mengingat, lima dari enam kecamatan di wilayah Barito Selatan sebagian besar masyarakatnya masih menggunakan transportasi air.
 
Dengan melihat kondisi wilayah seperti itu, olahraga dayung sangat berpotensi melahirkan atlet berprestasi untuk mengharumkan nama daerah.
 
Wanita yang pernah menjabat anggota DPRD Barito Selatan ini juga menambahkan, Barito Selatan juga sudah memiliki arena dayung yang berstandar nasional yang bisa digunakan untuk melaksanakan latihan dan kegiatan mencari bibit atlet berpotensi.
 
Dia berharap pemerintah kabupaten memberikan dukungan pendanaan dalam rangka kegiatan PODSI Barito Selatan dan bersinergi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
 
"Karena, perahu banyak rusak dan kita juga berharap dapat bersinergi dengan program PODSI untuk perbaikan dan pembelian perahu dayung tersebut," tambah Yangsi Hartini.

Baca juga: Turnamen tenis Dandim Cup 1012 Buntok diikuti peserta dari dua kabupaten
 
Dia juga menyampaikan, arena dayung yang merupakan aset daerah itu dapat dilakukan pemeliharaan dan perbaikan, sehingga nantinya dapat dimaksimalkan untuk melaksanakan sejumlah agenda kejuaraan.
 
"Untuk langkah awal ini, kita akan melakukan penyusunan sejumlah program kerja dari masing-masing bidang dalam kepengurusan PODSI Barsel periode 2022-2026 mendatang," tuturnya.
 
Setelah itu, pihaknya akan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap atlet dalam upaya persiapan dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur pada 2023 mendatang.
 
Adapun susunan kepengurusan PODSI Barito Selatan periode 2022-2026 mendatang dengan Ketua Yangsi Hartini, Sekretaris Agus In'Yulius, serta Bendahara Hawinu.

Baca juga: Regsosek sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik di Barito Selatan

Baca juga: Berikut perkembangan Raperda Pengelolaan Sampah Barito Selatan

Baca juga: Penandatanganan nota kesepahaman PDAM-Kejari Barito Selatan tingkatkan pengawasan

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024