Sukamara (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah memberikan subsidi terhadap paket sembako yang dialokasikan untuk warga pada gelaran pasar murah di berbagai kecamatan, sebagai salah satu upaya menekan inflasi.
 
Bupati Sukamara Windu Subagio di Sukamara, Kamis, mengatakan, pasar murah maupun pasar penyeimbang yang telah pemerintah kabupaten laksanakan di antaranya menyasar Kelurahan Padang dan Mendawai, Kecamatan Sukamara.
 
"Paket yang kami sediakan sebanyak 100 paket bahan pokok, dengan rincian 50 paket untuk kepala keluarga yang berada di Kelurahan Padang dan 50 paket lagi untuk kepala keluarga di Kelurahan Mendawai," jelasnya.
 
Dalam paket semvako yang disekan tersebut terdiri dari beras lima kilogram, gula satu kilogram, hingga minyak goreng 1,5 liter. Untuk harga jualnya tentu sangat murah, yakni dari Rp100 ribu hanya menjadi Rp20 ribu setelah diberikan subsidi.
 
Dia mengatakan pasar murah dan pasar penyeimbang ini juga akan dilaksanakan di beberapa kecamatan lain pada Oktober ini oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan bersama instansi terkait lainnya.
 
"Kita sudah laksnakan pasar murah dan pasar penyeimbang, tetapi kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin di halaman Pasar Sayur dan Ikan Sukamara," ujarnya.
 
Lebih lanjut Windu memaparkan, berbagai upaya yang telah dilakukan hingga saat ini, termasuk pasar murah dan penyeimbang, bertujuan mencegah dan mengatasi risiko yang terjadi akibat guncangan dan kerentanan sosial karena inflasi maupun penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Pewarta : Lalang
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024