Nanga Bulik (ANTARA) -
Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperkuat ketahanan pangan di daerah.
 
Di antaranya dengan memanfaatkan lahan sekitar tempat tinggalnya untuk menanam berbagai komoditas, misalnya cabai atau lainnya, kata Hendra di Nanga Bulik, Rabu.
 
"Saya mengajak masyarakat Lamandau agar dapat memperkuat ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan di sekitarnya," katanya.
 
Senin (10/10) lalu, sembari kegiatan 'Trail Adventure' di Lamandau, Hendra bersama Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto menyempatkan diri untuk menanam bibit cabai di Kebun Desa Mekar Mulya Kecamatan Sematu Jaya.
 
Penanaman di lokasi lahan ketahanan pangan Polres Lamandau ini merupakan bagian dari dukungan terhadap upaya keras pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

Baca juga: Pemkab Lamandau gelar pasar murah tekan inflasi
 
Dalam kesempatan itu, Nanang mengimbau masyarakat memperkuat ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan tidur maupun lahan kosong untuk di tanami tanaman cepat panen guna menahan laju inflasi.
 
Tanaman cabai dipilih karena seringkali menjadi salah satu pemicu inflasi. Terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023 yang biasanya harga cabai akan melambung mendekati hari besar keagamaan.
 
Usai kegiatan penanaman cabai, juga dilakukan bakti sosial kepada lansia dan warga kurang mampu, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta pemantauan pasar murah dan pasar penyeimbang.

Baca juga: PBSI Lamandau-Kobar bersinergi pacu pengembangan bulu tangkis di daerah

Baca juga: Bupati Lamandau: 'TNI adalah kita' menjadi spirit hadapi berbagai tantangan

Pewarta : Yansyah
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024