Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas melantik dan mengambil sumpah dan janji Lery Bungas sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat masa jabatan 2022-2026 seraya berharap ada peningkatan di badan usaha milik daerah tersebut. 

"Selaku kepala daerah, saya berpesan agar direktur yang baru untuk terus menjaga dan memperhatikan serta memastikan keterpenuhan pelayanan dasar hidup masyarakat seperti ketersediaan air sekaligus berkontribusi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Sakariyas di Kasongan, Rabu.

Direktur baru juga diharapkan mampu membangun koordinasi serta hubungan baik dengan Dewan Pengawas dan seluruh pegawai PDAM Katingan dalam pelaksanaan tugasnya. Dewan Pengawas merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah.

Dia menyebutkan, sebelum dilantik Direktur PDAM Katingan terpilih telah melalui proses beberapa tahapan penjaringan sebagaimana yang diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dimulai dari penyampaian visi misi, psikotes dan wawancara. Dari tujuh orang peserta seleksi, akhirnya terpilih satu orang.

Peraturan-peraturan itu adalah Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Kepegawaian PDAM, Peraturan Daerah Katingan Nomor 17 Tahun 2004 tentang Pendirian PDAM Kabupaten Katingan.

Baca juga: Awal November Dinsos Katingan salurkan BLT-BBM untuk 1.400 keluarga

"Kepada semua pihak kami berharap dapat membantu dan memfasilitasi tugas, wewenang dan tanggung jawab Direktur PDAM Katingan yang baru dengan penuh rasa kebersamaan demi kejayaan Kabupaten Katingan," ucap orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei.

Sementara itu Direktur PDAM Katingan 2022-2026 Lery Bungas mengatakan kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada dirinya akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dalam waktu dekat akan melakukan pembenahan-pembenahan di internal terlebih dahulu.

Pembenahan yang dilakukan seperti melebur friksi atau kubu-kubuan yang terjadi antar karyawan menjadi satu kesatuan. Dia mengumpamakan seperti sapu lidi bila bersatu akan kuat dan selaras demi optimal dan baiknya pelayan kepada pelanggan. Kemudian menyelesaikan pembayaran tunggakan gaji para karyawan.

"Kami bertekad akan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan PDAM Katingan, terutama dalam hal kualitas dan kelancaran distribusi air ke rumah-rumah pelanggan," kata Lery Bungas.

Baca juga: DAD dan damang diminta tingkatkan sinergitas mengisi pembangunan Katingan

Baca juga: Bupati Katingan berharap kafilahnya meraih prestasi di Festival Seni Qasidah Kalteng

 

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024