Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Sakariyas mengharapkan kafilah dari daerahnya dapat mengharumkan nama kabupaten setempat dengan meraih prestasi pada Festival Seni Qasidah IX tingkat Privinsi Kalimantan Tengah mulai 26 hingga 29 Oktober 2022 

"Kalian adalah orang-orang terpilih dan diharapkan mampu meraih prestasi semaksimal mungkin. Gunakan kesempatan ini untuk mengharumkan nama Katingan," kata Sakariyas di Kasongan, Senin.

Hal tersebut disampaikannya saat melepas keberangkatan Kafilah Katingan ke Kota Palangka Raya untuk mengikuti Festival Seni Qasidah IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Pemberangkatan dilaksanakan di kantor DPD LASQI Katingan di Kasongan.

Menurutnya, seni yang baik salah satunya adalah seni yang masih berada dalam batasan dan telah digariskan dalam ajaran agama. Hal tersebut sangat positif karena akan memberi pengaruh baik kepada pelaku seni itu sendiri maupun yang melihat dan mendengarnya.

Pengaruh positif itu juga terjadi dalam perkembangan keagamaan yang memiliki kekuatan moral dan rohani. Dia meyakini, melalui seni qasidah akan mampu merubah sikap dan tingkah laku khususnya bagi generasi muda dalam meningkatkan pengetahuan dan prestasi.

“Seni qasidah adalah seni budaya yang bersyairkan keagamaan yang ada di negeri kita. Seni qasidah adalah media untuk menyampaikan pesan dakwah,” ucapnya.

Baca juga: Pemkab Katingan terima penghargaan dari DJP wilayah Kalteng

Sakariyas tidak lupa mengucapkan apresiasi sekaligus terima kasih kepada seluruh jajaran DPD LASQI Katingan yang telah mempersiapkan kafilahnya dengan sebaik-baiknya dalam rangka mengikuti kegiatan festival tersebut.

Sementara itu Ketua DPD LASQI Katingan Endang Susilawatie menyampaikan jumlah kafilah yang diberangkatkan mengikuti Seni Qasidah IX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah itu berjumlah 16 orang yang terdiri dari peserta lomba, pembina, pelatih dan pendamping.

Kafilah Katingan akan mengikuti sebanyak 10 cabang lomba. Adapun 10 lomba yang diikuti adalah bintang vokalis dewasa putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putri, bintang vokalis anak putra dan putri serta pop religi putra dan putri.

Dia menyebutkan kafilah yang dikirim merupakan orang-orang terpilih yang berhasil menjuarai kegiatan serupa pada tingkat Kabupaten Katingan yang baru-baru ini digelar. Seluruh kafilah berasal dari Katingan.

"Mohon doanya, semoga harapan pak Bupati dan seluruh warga Katingan terkabul. Seluruh kafilah bisa menampilkan kemampuannya yang terbaik sehingga bisa menjadi juara dan mengharumkan nama Katingan," demikian Endang.

Baca juga: Pemkab Katingan matangkan RAD Pengurangan dan Penghapusan Merkuri

Baca juga: Bupati apresiasi capaian prestasi Satpol PP dan PK Katingan di tingkat nasional

Baca juga: Katingan peringkat pertama RLPP dari 17 daerah se-Indonesia

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024