Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJP) Kalimantan Tengah, atas keberhasilannya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut beberapa tahun terakhir ini.

"Penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat. Ini menjadi kebanggaan sekaligus motivasi untuk berbuat lebih baik lagi" kata Pransang di Kasongan, Senin.

Menurut dia predikat WTP harus dipertahankan secara terus menerus ke depannya. Tentunya dengan menerapkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam setiap tahunnya dengan transparan, akuntabel dan bertanggungjawab.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Provinsi Kalimantan Tengah Hari Utomo menjelaskan predikat WTP yang diberikan telah melalui proses pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Pelaksanaan pemeriksaan LKPD berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara," ucapnya.

Menurutnya predikat WTP tidak hanya sekedar dari sisi status hasil audit BPK RI saja tetapi Tim Pengelola Keuangan Pemerintah Daerah diminta tetap menjaga akuntabilitas penggunaan keuangan negara dan daerah secara bertanggung jawab setiap tahunnya.

"Pembangunan tata kelola keuangan negara dan daerah harus dilakukan secara transparan, akuntabel dan bertanggungjawab. Hal penting lainnya juga bagaimana APBN dan APBD bisa bermanfaat sebagai instrumen keuangan negara di tingkat pusat dan daerah," demikian Hari Utomo.

Baca juga: Pemkab Katingan matangkan RAD Pengurangan dan Penghapusan Merkuri

Sebelumnya, pada Jumat (21/10) lalu Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang menerima langsung penghargaan atas capaian Opini WTP berturut-turut beberapa tahun ini dari Kementerian Keuangan RI melalui Kanwil DJP Provinsi Kalimantan Tengah.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Provinsi Kalimantan Tengah Hari Utomo pada rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Triwulan III Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2022 di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.

Tampak hadir diantaranya Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin, Bupati/Walikota se-Kalteng, Instansi Vertikal Kalteng dan pimpinan Perbankan serta Kepala OPD Kalteng.

Baca juga: Bupati apresiasi capaian prestasi Satpol PP dan PK Katingan di tingkat nasional

Baca juga: Bupati Katingan ingatkan pejabat baru agar berintegritas dan profesional

Baca juga: APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024