Kasongan (ANTARA) -
Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas mengukuhkan, melantik dan mengambil sumpah pejabat baru pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan pemerintahan kabupaten setempat.
 
"Kepada pejabat baru agar mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing berlandaskan kode etik, berkomitmen, berintegritas serta profesional terhadap pelayanan kepada masyarakat," kata Sakariyas di Kasongan, Rabu.
 
Menurutnya kepercayaan yang diberikan mesti dilaksanakan dengan baik, jujur, tertib, cermat dan teliti serta penuh komitmen dan bertanggung jawab. 
 
Konsekuensinya bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada negara dan masyarakat semata, tetapi juga di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa sebagaimana janji dan sumpah yang telah diucapkan.
 
Dia menjelaskan pelaksanaan kegiatan pada hari itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Katingan Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah tanggal 3 Januari 2022.
 
Perda tersebut memberikan perubahan dengan terbentuknya beberapa organisasi perangkat daerah baru dan jabatan-jabatan baru. Dengan demikian perlu dilakukan penyesuaian secara bertahap yang telah dilaksanakan sejak awal 2022.
 
"Hal yang telah dilakukan ini tentunya belum selesai karena masih ada beberapa jabatan yang belum ditetapkan pejabat definitifnya, mengingat adanya proses dan evaluasi kinerja pegawai," ucapnya.

Baca juga: APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik
 
Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini mengatakan, para pejabat yang baru sebelumnya telah melalui uji kompetisi pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan.
 
Para pejabat baru telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-3401/JP.00.01/09/2022 tanggal 29 September 2022 tentang Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan.
 
"Kegiatan hari ini dilaksanakan untuk pembenahan dan pemantapan organisasi demi meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik, terutama terkait dengan prioritas pembangunan," demikian Sakariyas.
 
Untuk diketahui sekurangnya terdapat sebelas orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik dan dikukuhkan, di antaranya Eka Suryadilaga sebagai Asisten II Setda Katingan, sebelumnya menjabat Kepala BPKAD Katingan.
 
Kemudian, Roby sebagai Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Katingan, sebelumnya sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan.
 
Bupati juga melantik dan mengukuhkan sebanyak kurang lebih 150 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan.

Baca juga: Sebanyak 25 desa di Katingan terdampak banjir

Baca juga: Pemkab Katingan beri perlindungan sosial dampak inflasi melalui pasar penyeimbang

Baca juga: Lomba 10 program PKK Katingan bantu verifikasi kegiatan hingga desa

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024