Kasongan (ANTARA) -
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Katingan, Kalimantan Tengah menggelar lomba pelaksanaan 10 program PKK tahun 2022 dalam upaya pembinaan dan pemetaan permasalahan kader PKK di kecamatan atau desa.
 
"Tujuan lomba adalah untuk memantau, membina, dan memverifikasi kegiatan TP PKK kabupaten yang ada di kecamatan dan desa sehingga mudah dipetakan," kata Ketua TP PKK Katingan Daurwati Sakariyas di sela penilaian lomba di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang, Sabtu.
 
Dia menjelaskan sebanyak enam kegiatan yang dilombakan di antaranya tertib administrasi PKK, kader pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga dan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK.
 
Kemudian mengamalkan dan mengukuhkan pemanfaatan halaman pekarangan rumah, halaman asri teratur indah dan nyaman, kader posyandu dan yang keenam lomba kader PKK berprestasi.
 
"Diharapkan kegiatan ini tidak hanya mendapatkan juara, namun lebih dari pada itu mampu meningkatkan semangat kerja dalam upaya melaksanakan program TP PKK di desa pada semua jenjang," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Katingan-KKI kerja sama tingkatkan kualitas praktik kedokteran
 
Di tempat yang sama Ketua TP PKK Kecamatan Kamipang Retno Widyawati menyampaikan dalam acara itu pihaknya mengikuti sebanyak empat lomba, yaitu tertib administrasi PKK, serta kader pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga.
 
Kemudian lomba amalkan dan kukuhkan pemanfaatan halaman pekarangan rumah, halaman asri teratur, indah dan nyaman dan lomba kader berprestasi yang diikuti dua desa yaitu Baun Bango dan Karuing.
 
Harapannya Tim Penggerak PKK Katingan bisa memberi masukan, arahan dan pembinaan agar ke depannya PKK Kecamatan Kamipang dapat melaksanakan 10 Program Pokok PKK lebih baik lagi.
 
"Kami sangat mengapresiasi dan bersyukur adanya kegiatan seperti ini, karena Tim Penggerak PKK kabupaten bisa langsung melihat, meninjau dan bahkan mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan kinerja program yang telah kami laksanakan," ucap Retno.
 
Sementara itu Camat Kamipang Ade Irwan sangat menyambut baik sekaligus mendukung kegiatan PKK karena tujuannya sangat positif. PKK dapat membantu kepala desa dan camat mengatasi berbagai permasalahan seperti stunting dan lainnya.
 
Dia mengatakan, terlepas dari ada atau tidaknya perlombaan 10 program PKK 2022, selama ini peran PKK desa dan kecamatan telah banyak membantu.
 
"Teruslah bekerja dengan baik, tingkatkan kreativitas dan motivasi dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK untuk masyarakat Kamipang yang lebih maju dan sejahtera," demikian Ade Irwan.

Baca juga: Bupati tegaskan dana hibah Pemkab Katingan telah diaudit

Baca juga: Bupati Katingan: Regsosek menjadikan penyaluran bansos tepat sasaran

Baca juga: Bupati Katingan: Pembersihan dan perbaikan drainase upaya penanggulangan banjir

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024