Kasongan (ANTARA) - Bidang Penegakan Perda dan Produk Hukum Lainnya pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan PK) Katingan, Kalimantan Tengah menduduki peringkat pertama Rekapitulasi Laporan Penegakan Perda (RLPP) dari 17 provinsi/kabupaten/kota di Wilayah II Se-Indonesia.

"Kami bersyukur atas prestasi tersebut, hal ini menandakan apa yang kami lakukan dalam hal RLPP diapresiasi oleh pemerintah pusat," kata Kepala Satpol PP dan PK Katingan Pimanto melalui Sekretaris Dinas Budiman L Gaol di Kasongan, Jumat.

Menurutnya, hasil yang diraih itu tidak dengan mudah didapat. Itu buah dari kerja keras dan kerja sama semua anggota Satpol PP dan PK Katingan sehingga berhasil menduduki peringkat pertama RLPP pada Wilayah II se-Indonesia.

Dia menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi laporan yang dihimpun dari https://linktr.ee/subditppns periode 10 hingga 16 Oktober 2022, empat laporan Penegakan Perda yang disampaikan oleh Satpol PP dan PK Katingan mendapatkan nilai persentase tertinggi pertama dari seluruh laporan Penegakan Perda yang dimasukkan oleh 17 provinsi/kabupaten/kota Wilayah II Se-Indonesia.

Keempat jenis laporan Penegakan Perda tersebut adalah pertama laporan Penegakan Perda Trantibumlinmas sebanyak 154 laporan atau 60 persen dari seluruh laporan yang masuk. Kedua, laporan Penegakan Perda Pemberdayaan PKL sebanyak 34 laporan atau 13 persen dari seluruh laporan yang masuk.

Baca juga: Bupati Katingan ingatkan pejabat baru agar berintegritas dan profesional

"Ketiga, laporan Penegakan Perda Penyelenggaraan Reklame sebanyak 20 laporan atau 8 persen dari seluruh laporan yang masuk," ucap pejabat berdarah Tapanuli itu.

Keempat, laporan Perda Minuman Beralkohol Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, Perda Kebersihan dan Keindahan Kota, Penanggulangan Prostitusi dan Perbuatan Asusila, IMB, Retribusi Perizinan Tertentu Pengamanan Ruang Milik Jalan, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan lainnya sebanyak 48 laporan atau 19 persen dari seluruh laporan yang masuk. 

"Diharapkan prestasi yang didapat akan menjadi motivasi dan semangat dalam melaksanakan tugas dengan disiplin, menciptakan kreativitas dan selalu berinovasi. Pertahankan peringkat tersebut agar ke depannya bisa meraih peringkat pertama se-Indonesia," kata Budiman L Gaol.

Berikut daftar peringkat pertama hingga tujuh belas: Katingan, Yogyakarta, Gresik, Bojonegoro, Sukoharjo, Lamongan, Sumbawa Barat, Balik Papan, Surakarta, Wonogiri, Pontianak, Purworejo, Sanggau, Madiun, Jawa Timur, Sumba Barat Daya dan Banjarmasin.

Baca juga: APBD 2023 Katingan fokus peningkatan pelayanan publik

Baca juga: Sebanyak 25 desa di Katingan terdampak banjir

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024