Pangkalan BunĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan dan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), salah satunya dengan dengan memperbanyak kegiatan di wilayah tersebut. 

Banyaknya kegiatan yang dilaksanakan tentu akan mampu meningkatkan perekonomian, khususnya UMKM yang ada di Kobar, ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat, Juni Gultom di Pangkalan Bun, Minggu. 

"Seperti kita liat hari ini, event lomba dayung dalam rangka HUT ke-63 Kobar di Kampung Sega, kita lihat banyak pedagang-pedagang dan orang-orang yang datang menyaksikan acara ini," ujarnya. 

Kegiatan yang dihadiri banyak pengunjung akan berdampak terhadap transaksi UMKM. Untuk itulah, berbagai kegiatan akan terus digelar untuk turut menggelorakan sektor pariwisata dan UMKM. 

Juni Gultom menambahkan, dalam rangka HUT ke-63, Pemkab Kobar juga akan melaksanakan Kobar Expo yang akan dilaksanakan pada 3-10 Desember 2022.

Baca juga: KM Satya Kencana III yang karam di perairan Kumai berhasil ditegakkan

"Hari ini saja banyak event yang dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti di Pangkalan Bun Park, dan event di Taman Pangkalan Bun Manis yang dihadiri belasan ribu pengunjung, dan ratusan UMKM," ujar Juni Gultom. 

Sementara itu, Lurah Mendawai Rahadian Syahmi mengatakan, pasca puncak pandemi COVID-19 dan banjir, UMKM di Water Front City atau Kampung Sega terus menggeliat. Ini ditandai dengan terlihat banyaknya pedagang yang mulai membuka lapaknya. 

"Bahkan kegiatan yakni Bagoyab atau jalan-jalan malam yang sering dilaksanakan selama tiga hari yakni di setiap malam Sabtu, malam Minggu, dan malam Senin sudah mulai di giatkan kembali," ujarnya. 

Hanafi, salah satu pedagang di Kampung Sega berharap pemerintah bisa lebih sering melaksanakan kegiatan di Kampung Sega agar menarik pengunjung berwisata ke Kampung Sega. 

"Sering-sering saja dilaksanakan event seperti ini, karena tentu meningkatkan pendapatan para pedagang di sini," ujarnya. 

Baca juga: Golkar Kalteng siap beri pendampingan hukum terkait kader diduga korupsi

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis keempat di Kobar sasar lansia

Baca juga: Edukasi literasi informasi era digital disambut antusias 200 peserta

Pewarta : M Husein Asyari
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024