Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, kali ini dengan membangun satu ruang kelas di SMP Desa Bukit Indah Kecamatan Telaga Antang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Bantuan ini sebagai wujud keseriusan dan komitmen kuat perusahaan kami membantu peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini. Kami ingin sumber daya manusia generasi penerus kita terus meningkat," kata General Manager Humas Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim di Sampit, Selasa. 

Bantuan pembangunan satu ruang kelas tersebut merupakan salah satu realisasi "corporate program social responsibility" atau program tanggung jawab PT Unggul Lestari pada kategori infrastruktur bidang pendidikan. 

Untuk membangun satu ruang kelas tersebut, PT Unggul Lestari menghabiskan biaya sebesar Rp180.425.000. Bantuan ini tentu bukan nilai yang tidak sedikit. 

Ruang kelas tersebut telah selesai dikerjakan. Rusli Salim secara resmi atas nama PT Unggul Lestari menyerahkan kepada pihak sekolah setempat pada Rabu (21/12) lalu.  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotim Susiawati bersama General Manager Humas Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim dan pejabat lainnya memotong pita menandai diresmikannya penggunaan bangunan ruang kelas bantuan dari PT Unggul Lestari untuk SMP Desa Bukit Indah, Rabu (21/12/2022). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari
Turut hadir dalam seremonial penyerahan tersebut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Susiawati, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sutimin, Camat Telaga Antang Rusmanto dan undangan lainnya. 

Bantuan ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya PT Unggul Lestari juga membantu sarana dan prasarana lainnya seperti meja dan kursi untuk belajar, komputer dan perlengkapan sekolah siswa. Juga ada bantuan renovasi sekolah juga berupa penggantian plafon ruang kelas dan pembuatan pagar sekolah. 

Manajamen PT Unggul Lestari berharap bantuan ruang kelas tersebut bermanfaat membuat proses belajar dan mengajar di sekolah itu semakin lancar. Kemajuan itu diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan, khususnya peserta didik di sekolah itu.  Manajemen PT Unggul Lestari bersama pejabat yang hadir berfoto bersama di dalam bangunan ruang kelas hasil bantuan PT Unggul Lestari untuk SMP Desa Bukit Indah, Rabu (21/12/2022). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari
"Kami berharap bantuan yang kami berikan ini bermanfaat untuk anak-anak kita demi peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia setempat. Kami akan terus berupaya membantu masyarakat dan pemerintah sesuai kemampuan perusahaan kami," ujar Rusli Salim. 

Kepala Desa Bukit Indah, Herman Usianto mewakili menerima bantuan ruang kelas itu menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada manajemen PT Unggul Lestari. Perusahaan yang bernaung di bawah Musim Mas Group ini dinilai terus membuktikan komitmennya dalam membantu masyarakat dan daerah. 

"Bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak desa ini yang bersekolah di SMP tersebut. Proses belajar dan mengajar semakin nyaman karena tidak perlu berdesakan sehingga diharapkan akan berdampak positif pada kualitas pendidikan yang dihasilkan," harap Herman Usianto.  Guru dan pelajar SMP Desa Bukit Indah dan undangan berfoto bersama usai penyerahan bantuan satu bangunan ruang kelas dari PT Unggul Lestari untuk SMP Desa Bukit Indah, Rabu (21/12/2022). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari
Sementara itu pemerintah daerah juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian PT Unggul Lestari dalam membantu dunia pendidikan di daerah ini, termasuk kali ini dengan membangun satu ruang kelas di SMP Desa Bukit Indah. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Susiawati mengatakan, pemerintah daerah sangat menghargai keterlibatan pihak swasta dalam membantu dunia pendidikan. Pemerintah daerah memiliki keterbatasan, khususnya dalam hal anggaran sehingga perlu dukungan semua pihak. 

Komitmen kuat PT Unggul Lestari dalam membantu dunia pendidikan di Kotawaringin Timur diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya. Apalagi, pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu dukungan pihak swasta dan masyarakat.

Baca juga: PT Unggul Lestari gelar operasi pasar minyak goreng di dua kecamatan

Baca juga: PT Unggul Lestari fasilitasi vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat desa di Kotim

Baca juga: Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024