Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah anggota DPRD Kalimantan Tengah mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah bersama aparat penegak hukum, agar segera mengungkap penyebab ataupun motif pengrusakan salah satu sekolah PAUD di km38 Tangkiling, Kota Palangka Raya.

Motif pengrusakan sarana pendidikan itu harus segera diungkap demi menghindari isu-isu yang kurang baik berkembang di kalangan masyarakat, kata Siti Nafsiah selaku Ketua Komisi III DPRD Kalteng membidangi Pendidikan dan Kesehatan, di Palangka Raya, kemarin.

"Kami tentunya prihatin dan menyesalkan pengrusakan sarana pendidikan oleh oknum tidak bertanggung jawab itu. Jadi, kami minta pengrusakan itu segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait dan aparat hukum," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. Di mana dirinya mengingatkan bahwa pengrusakan tersebut jangan sampai didiamkan atau tidak diungkap secara cepat motifnya.

"Pengrusakan tersebut tentunya berdampak pada terganggunya proses belajar dan bermain anak-anak usia dini yang menjadi peserta didik di Sekolah PAUD itu," ucapnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu menduga, motif pengrusakan sekolah PAUD di KM38 Tangkiling ini lebih ke permasalahan atau sengketa tanah, bukan lainnya.

Baca juga: Legislator Kalteng minta Bimtek pengelolaan APBDes dibuat berkelanjutan

"Kalau untuk masalah lain, saya kurang yakin. Tangkiling itu masyarakatnya beragam dan selalu tenteram. Jadi, saya melihat lebih masalah tanah saja, bukan yang lainnya. Tinggal aparat penegak hukum mengungkap agar semakin jelas," kata Kuwu.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kalteng Freddy Y Ering meminta aparat penegak hukum segera menangkap pelaku pengrusakan sarana pendidikan tersebut. Sebab, bagi dirinya pengrusakan sarana pendidikan kurang tepat dilakukan, apapun masalah yang mendasarinya.

"Penangkapan terhadap pelaku pengrusakan itu juga untuk memperjelas duduk persoalan atau latarbelakang kenapa sampai terjadi. Intinya, masalah pengrusakan ini harus segera diungkap dan pelakunya ditangkap," singkat Freddy Ering.

Baca juga: Legislator Kalteng minta program pengembangan SDM harus menyeluruh hingga ke pelosok

Baca juga: DPRD Kalteng minta program stunting dipantau dan dievaluasi

Baca juga: DPRD Kalteng minta pengerjaan jalan ke Palabuhan Bahaur dipercepat

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024