Nanga Bulik (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Lilis Suriani meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang ada di wilayah Kecamatan Bulik, Senin (2/10).

Lilis Suriani meninjau dua lokasi kebakaran sekaligus, meliputi lahan yang berada di belakang kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta lahan yang ada di Desa Batu Kotam.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Lamandau agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, apalagi di musim kemarau seperti sekarang," tegasnya.

Saat meninjau langsung dua lokasi kebakaran tersebut, tampak Lilis terus berkoordinasi bersama jajarannya dalam upaya optimalisasi pemadaman, termasuk membantu langsung upaya pemadaman bersama para petugas.

Baca juga: Pj Bupati: Bersinergi melanjutkan pembangunan Kabupaten Lamandau

Dalam kegiatan ini, Pj Bupati Lamandau tersebut didampingi Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hendikel dan jajaran.

"Mari kita jaga lingkungan bersama-sama agar terbebas dari asap akibat kebakaran ini," ajaknya. 

Lebih lanjut Lilis juga meminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif membantu dalam upaya penanggulangan bencana.

Salah satunya apabila melihat terjadinya kebakaran agar dapat segera melaporkannya kepada BPBD, Tagana maupun TNI/Polri sehingga cepat ditangani.

Dia juga meminta para petugas pemadam untuk terus menjaga kesehatan dan berhati-hati selama menjalankan tugas di lapangan.

"Aktivitas pemadaman kebakaran lahan memiliki risiko yang tinggi, untuk itu saya minta agar semua tetap berhati-hati," jelasnya.

Baca juga: Usai pelantikan Pj Bupati, sejumlah pejabat Pemprov Kalteng bertugas sebagai Plh

Baca juga: Penjabat Bupati Lamandau berkomitmen pacu percepatan penurunan stunting

Baca juga: Pemkab terus pacu pengembangan sepakbola di Lamandau

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024