Berikut kiat agar Anda tak disesatkan hoaks

Jumat, 27 Oktober 2023 14:47 WIB

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membagikan tiga kiat kepada masyarakat agar tidak disesatkan oleh informasi yang tak benar atau hoaks.

"Pertama jangan terpancing berita sensasional yang memicu emosi, yang biasanya membuat kita membagikan berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu," kata Budi di Jakarta, Jumat.

Justru ketika menemukan berita atau informasi dengan tampilan atau judul sensasional ada baiknya masyarakat tidak langsung membagikan dan justru melakukan "check and recheck".

Apalagi ketika informasi tersebut ditemukan di media sosial maupun aplikasi pesan instan, ada baiknya masyarakat melakukan pengecekan fakta ke sumber tepercaya di mesin pencarian gawainya. 

Baca juga: Jokowi resmi gantikan Megawati jadi Ketum PDIP pada 5 Oktober hoaks!

"Kedua, cari faktanya dari sumber berita yang bisa dipercaya dan memiliki reputasi baik. Jadi informasi tersebut pasti berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan bukan hanya berdasarkan opini subjektif," ujar Budi.

Budi mengatakan berita dari wartawan khususnya yang medianya terdaftar di Dewan Pers bisa menjadi salah satu rujukkan untuk mencari kebenaran dari sebuah peristiwa ataupun informasi viral.

Rujukan lainnya yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk memastikan sebuah informasi hoaks atau tidak ialah situs web besutan Kementerian Kominfo dengan alamat https://komin.fo/inihoaks

Agar lebih meyakinkan, masyarakat bisa mencari informasi dari beragam sumber yang berbeda sehingga informasi yang diterima semakin kaya dan menegaskan hal itu adalah kebenaran atau bukan.

Memasuki masa menjelang Pemilu 2024 yang akan menjadi salah satu peristiwa penting di Indonesia, kiat dalam menangkal hoaks itu diharapkan bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Harapannya masyarakat tidak lagi terkecoh oleh informasi tidak benar dan tetap menjaga ruang digital Indonesia selama masa pesta demokrasi berlangsung tetap aman, nyaman, dan sehat.

Baca juga: Anggota DPRD Barsel ini nyatakan isu beredar terkait nilai tender proyek APBD 2023 hoaks

"Kepada seluruh masyarakat dalam mendukung pesta demokrasi, mari kita bersama-sama melawan hoaks dengan memeriksa informasi yang diterima, tidak menyebarkan jika mengandung hoaks dan tentu tidak membuat hoaks. Kami berharap bersama-sama kita dapat mewujudkan Pemilu Damai 2024," tutup Menteri Budi. 

Selain terus menggalakkan literasi digital untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dari bahaya hoaks dan cara mencegahnya di Pemilu 2024, Kementerian Kominfo juga telah berkolaborasi dengan platform-platform digital untuk melawan penyebaran hoaks.

Ada juga patroli siber yang dilakukan setiap saat secara rutin sehingga konten-konten yang bermuatan negatif bisa ditekan penyebarannya.

Kementerian Kominfo juga menyediakan ruang pengaduan masyarakat terkait hoaks Pemilu 2024 sehingga masyarakat bisa berperan aktif menjaga ruang digital produktif.

Baca juga: Jokowi lantik Anies jadi Ketua KPK pada 18 Oktober hoaks!

Baca juga: Gibran mengundurkan diri dari PDIP dan bergabung dengan Prabowo hoaks!

Baca juga: Firli Bahuri jadi tersangka dugaan pemerasan eks Mentan Hoaks!

Pewarta : Livia Kristianti
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024

Terkait

Menkominfo sebut ANTARA Heritage Center dorong lembaga ini semakin maju

14 May 2024 13:25 Wib

Menkominfo: UMKM bisa uji perangkat di IDTH secara gratis

08 May 2024 16:50 Wib

Menkominfo sebut Apple sambut positif tawaran bangun pabrik di Indonesia

17 April 2024 13:20 Wib

Perusahaan telekomunikasi perlu terapkan AI dengan etika

05 March 2024 17:55 Wib

Menkominfo bagikan tips bagi media tetap eksis hadapi tren AI

19 February 2024 14:17 Wib
Terpopuler

Alfian Mawardi ingin ikuti jejak orang tuanya membangun Kapuas

Kabar Daerah - 17 May 2024 20:18 Wib

Legislator Gumas dukung 10 program pokok PKK

Kabar Daerah - 16 May 2024 13:11 Wib

Pemkab Barito Utara dapat 3.424 formasi untuk rekrutmen CPNS dan PPPK

Kabar Daerah - 15 May 2024 16:41 Wib

Pj Bupati Katingan tekankan ASN harus terus tingkatkan kapasitas

Kabar Daerah - 17 May 2024 17:39 Wib

Masyarakat Sebangau Kuala harapkan program peningkatan ekonomi

Kabar Daerah - 16 May 2024 21:15 Wib