Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, memaparkan capaian kinerja selama empat tahun tujuh bulan kepemimpinan mereka, yakni sejak keduanya dilantik pada 28 Mei 2019.

“Dalam bidang pembangunan infrastruktur antara lain yakni peningkatan jalan Desa Parempei Kecamatan Rungan – Bereng Jun Kecamatan Manuhing,” ucapnya saat malam pisah sambut tahun 2023-2024 di Kuala Kurun, Minggu malam.

Masih di bidang infrastruktur yakni peningkatan jalan Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara ke Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa, peningkatan jalan Tumbang Miri ke Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu.

Kemudian pembangunan pile slab menuju oprit jembatan di Desa Sepang Kota – Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang, pergantian jembatan Sei Kahat Kuala Kurun Kecamatan Kurun, dan Jembatan Sei Karungen Kecamatan Tewah.

Di bidang pariwisata antara lain penyusunan master plan rencana induk kawasan wisata Desa Tumbang Anoi Kecamatan Damang Batu, pengembangan objek wisata Batu Suli di Desa Upon Batu Kecamatan Tewah.

Lalu, pengembangan objek wisata Tumbang Pajangei Kecamatan Tewah, pengembangan ekowisata di Batu Mahasur Kecamatan Kurun, termasuk pengembangan kawasan perajin dan wisata kuliner serta pengembangan agrowisata Taman Hutan Rakyat (Tahura) Lapak Jaru.

Ada juga capaian penetapan 15 Hutan Adat yang tersebar pada beberapa kecamatan dengan luasan 68.601 hektare, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat setempat, sehingga hutan dapat dikelola secara berkelanjutan dan dimanfaatkan melalui kearifan lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab Gumas beri bantuan untuk korban kebakaran di Dahian Tambuk
 

“Selain itu, saat ini sebagian besar desa/kelurahan di Gunung Mas sudah teraliri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ditargetkan pada 2024 semua desa/kelurahan di kabupaten ini sudah teraliri listrik PLN,” papar Jaya.

Lebih lanjut, masih banyak capaian yang ditorehkan selama Jaya dan Efrensia memimpin Gunung Mas. Capaian tersebut terbilang baik, mengingat keduanya sempat terkendala karena menghadapi pandemi COVID-19, sepanjang tahun 2020 hingga 2022.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah mendukung dirinya dan bupati, dalam membangun kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

“Terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi yang baik selama ini, sehingga kita dapat bersama-sama mewujudkan Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri,” kata Efrensia.

Untuk diketahui, malam pisah sambut tahun 2023-2024 di Gunung Mas berlangsung secara meriah di Stadion Mini Kuala Kurun. Ribuan masyarakat dengan antusias menyaksikan penampilan artis antara lain Ruri Sasti, Oziel Zolie, Putri Pondang, Natalia, dan lainnya.

Ketua Panitia Jhonson Ahmad mengatakan bahwa malam pisah sambut bertujuan untuk meningkatkan kualitas rasa persaudaraan antara seluruh pihak, demi terciptanya masyarakat Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri

“Biaya penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dari APBD Gunung Mas 2023 dan sumbangan berbagai pihak lainnya yang sifatnya tidak mengikat,” demikian Jhonson Ahmad.

Baca juga: Cares GKE Mihing Manasa diresmikan, diharap pelayanan semakin maksimal

Baca juga: Bupati Gumas tunggu petunjuk Mendagri terkait putusan MK

Baca juga: Bupati Gumas imbau masyarakat bersabar menunggu keputusan gubernur terkait PT ATA


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024