Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Barito Utara melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) setempat memamerkan produk-produk unggulan mengikuti kegiatan Kalteng Expo 2024 yang diselenggarakan di area pameran Temanggung Tilung Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini sangat bagus dalam upaya memperkenalkan dan mendorong produk-produk UMKM lokal Barito Utara agar lebih dikenal dan dapat meningkatkan nilai perekonomian terkhusus di daerah ini," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Barito Utara Gazali pada pembukaan pameran di Palangka Raya, Sabtu (11/5) malam.

Pembukaan Kalteng Expo 2024 dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Nuryakin,Forkompinda Kalteng, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Pj Bupati dan Wali Kota se-Kalteng dan pejabat lainnya.

"Kita mengharapkan melalui ajang ini dapat membangun kemandirian terutama di sektor UMKM dan KIM  serta wadah untuk mengangkat produk-produk lokal terutama di Kabupaten Barito Utara," kata Gazali didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Dewi Handayani.

Pada pagelaran pameran ini stand Kabupaten Barito Utara sendiri memamerkan berbagai macam produk-produk unggulan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan seperti produk-produk kerajinan tangan, olahan makanan, obat-obatan herbal alternatif, pariwisata dan budaya serta lain sebagainya.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo mengatakan bahwa kegiatan Kalteng Expo ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-67 sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Kita harapkan bersama, rangkaian kegiatan ini dapat berlangsung lancar, sukses, dan berjalan lebih baik, khususnya peningkatan nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan, serta manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalimantan Tengah di tengah persaingan pasar global,” kata dia.

Dia mengatakan, tujuan diselenggarakannya ajang ini adalah salah satu kegiatan akbar berskala nasional di Kalteng yang sudah berjalan sejak 2007 yang menampilkan hampir seluruh potensi-potensi dan khasanah budaya yang ada di provinsi ini.

Selain itu, kata dia, menggeliatkan semangat masyarakat dalam membangun di berbagai sektor kehidupan di Kalteng.

“Kalteng Expo ini dilaksanakan dari tanggal 11 - 15 Mei 2024 diikuti peserta dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng," demikian Edy Pratowo.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024