Buntok (ANTARA) - Sebanyak 302 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menjalani pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan.

Sebanyak 304 ini merupakan pengadaan CPNS tahun 2022 dan dua orang lainnya dari IPDN tahun 2020, kata Penjabat bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan di Buntok, Senin.

"Mereka yang mengambil sumpah/janji pada hari ini sudah resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)," katanya.

Dikatakannya, hal itu sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang manajemen PNS pasal 37 yang menyebutkan setiap CPNS yang diangkat menjadi PNS wajib diangkat sumpah janji.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada mereka yang telah diangkat sumpah janji agar melaksanakan kewajiban tugas dan fungsinya dengan baik sebagai pegawai negeri sipil.

Menurut dia, sesuai dengan pasal 10 dan 11 Undang-Undang Nomor 20/2023 tentang Aparatur Sipil Negara terkait dengan fungsi ASN itu ada tiga.

Baca juga: Ledakan kapal di Barsel, sebagian rumah warga terguncang

"Pertama yakni pelaksana kebijakan publik, kedua sebagai pelayan publik dan ketiga sebagai perekat dan pemersatu bangsa," ucap Deddy.

Kemudian lanjut dia, fungsi tersebut dijabarkan dalam tugas dengan melaksanakan kebijakan publik sesuai dengan  yang telah ditetapkan pejabat pembina kepegawaian termasuk kepala daerah sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan.

"Kedua melaksanakan pelayanan publik secara profesional dan berkualitas. Jadi kalau ada ASN yang tidak profesional dalam melaksanakan tugasnya bisa di komplain, karena hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang," tambahnya.

Tugas ketiga yakni sebagai perekat dan pemersatu bangsa dan apabila ada oknum ASN yang melakukan penyebaran berita hoax atau isu fitnah bisa dilaporkan, sebab hal itu berpotensi memecah belah.

Oleh karena itu ia mengingatkan kepada seluruh ASN di wilayah setempat agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan secara optimal sesuai dengan harapan seluruh masyarakat di daerah ini.

Acara pengambilan sumpah janji pegawai negeri sipil yang berlangsung di gedung pertemuan umum Jaro Pirarahan Buntok tersebut dihadiri sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat.

Baca juga: Polda Kalteng kerahkan tim pencarian 10 korban tugboat terbakar di Barsel

Baca juga: Tiga ABK korban tugboat terbakar di Barsel alami luka bakar

Baca juga: Hotel Anna Buntok hangus terbakar


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024