Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengatakan ekstrakurikuler di sekolah harus ditingkatkan karena jadi ajang para pelajar untuk mengukir segudang prestasinya sesuai bidang olahraga yang diminatinya. 

Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Jayani di Palangka Raya, Rabu, mengatakan Disdik setempat selalu mendukung dan mendorong agar pelajar di daerah setempat agar bisa mengukir prestasi di bidang olahraga serta lainnya, karena hal ini sangat bagus untuk mengangkat nama sekolah serta daerah. 

"Seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD dan SMP yang setiap tahunnya selalu gelar baik tingkat daerah, provinsi dan nasional," kata Jayani. 
 
Ia menekankan, bagi para pelajar baik SD dan SMP yang memiliki prestasi di bidang olahraga atau sains alangkah baiknya terus dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan sehingga prestasi yang telah diraih terus berkembang. 
 
"Ya kalau prestasi yang sudah diraih cukup bagus terus ditingkatkan, karena mempertahankan prestasi terbaik itu cukup sulit lantaran setiap tahunnya perkembangan lawan juga terus meningkat," katanya.
 
Tempat terpisah, Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya  menjelaskan bahwa dirinya juga mendorong satuan pendidikan menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik di bidang olahraga, seni, sains, dan teknologi.
 
Salah satunya baru-baru ini Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD/MI/Sederajat dan SMP/MTS. O2SN Tingkat Kota Palangka Raya 2024.
 

"Tentunya kami sangat mendukung partisipasi siswa dalam kompetisi dan lomba di tingkat lokal, nasional dan internasional. Maka dari itu kami memfasilitasi serta memotivasi para pelajar kita yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Kota Palangka Raya," kata Vico.

 
Orang nomor dua di lingkup Disdik setempat menegaskan, Disdik juga menyediakan program pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar, seperti guru penggerak. Kemudian itu memberikan kesempatan bagi guru untuk mengikuti seminar, workshop dan konferensi pendidikan.
 
Selanjutnya, pihaknya juga mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan dapat memacu kreativitas serta inovasi para pelajar. Termasuk menyertakan mata pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung bakat dan minat siswa.
 
Bahkan, langkah lainnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap program-program yang dijalankan untuk memastikan efektivitas dan efisiensinya. Menggunakan hasil evaluasi untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam mendukung prestasi peserta didik.
 
"Pada intinya Disdik Kota Palangka Raya terus mengembangkan talenta-talenta dari pelajar kita dalam berbagai bidang sehingga berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah.tentunya hal tersebut sesuai visi dan misi pemerintah setempat dalam dunia pendidikan," demikian Aprae Vico Ranan. 

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024