Kasongan (ANTARA) - Penjabat Bupati Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Saiful mengajak masyarakat di kabupaten setempat untuk bersama-sama selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat.

"Mari untuk tetap jaga ketertiban dan keamanan lingkungan kita sehingga suasana aman dan nyaman terus dapat dirasakan dalam setiap aktivitas," kata Saiful di Kasongan.

Pernyataan itu diungkapkannya terkait momen Idul Adha 1445 Hijriah serta pawai takbir yang dilaksanakan di Kabupaten Katingan.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Katingan dan atas nama Pribadi mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Semoga Idul Adha ini memberikan keberkahan kepada kita semuanya," kata Saiful.

Sebelumnya, pada Minggu malam, Pemkab Katingan bersama organisasi keagamaan Islam melaksanakan Pawai Takbir Keliling dalam rangka menyambut dan memeriahkan puncak Ibadah Haji atau hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Penjabat Bupati Katingan didampingi Kabagops Polres Katingan AKP Ratno, melepas secara resmi ribuan peserta pawai malam Takbiran Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi, di Masjid Al-Muhajirin Kereng Pangi.

Pelepasan ribuan peserta usai ibadah shalat Isya tersebut dengan rute Pawai Takbiran dari jalan Pembangunan menuju jalan Perjuangan - jalan Tjilik Riwut - jalan Berdikari dan kembali menuju Masjid Al-Muhajirin.

Baca juga: Warga Katingan meninggal terkena tembakan senjata api rakitan

Pawai Takbir keliling ini dikawal mobil Satlantas Polres Katingan dan di setiap lalu lintas jalan yang dilewati dijaga setiap anggota kepolisian.

Berbagai pernak pernik mobil hias serta hiasan lampu kendaraan, tentunya menjadi suasana penuh kebahagiaan bagi umat Muslim untuk menyambut hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Dia berharap takbiran yang dilaksanakan ini adalah salah satu bentuk upaya masyarakat bisa menjalin silaturahmi serta mengagungkan nama Allah SWT.

Kabagops Polres Katingan AKP Ratno, juga menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan apresiasi atas antusias masyarakat pada malam ini untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan takbiran keliling.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah mengupayakan kegiatan ini bagi kita semuanya. Tetap jaga ketertiban dan keamanan lingkungan kita. Selamat Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi kepada kita semua," ucap Ratno.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib dan menjaga keselamatan diri masing-masing saat melaksanakan kegiatan gema takbiran.

"Mari kita rayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini dengan penuh suka cita. Namun kita tetap menjaga keselamatan dan keamanan diri kita masing-masing. Silahkan melaksanakan kegiatan malam takbiran tetapi tidak menggeber-geber suara knalpot motor maupun hal yang tidak bisa mengganggu kenyamanan warga kita yang lain," demikian Ratno.

Baca juga: TNI salurkan bantuan bahan pangan korban banjir

Baca juga: Pemkab Katingan tingkatkan upaya pencegahan korupsi

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad korban perahu terbalik

Pewarta : Rendhik Andika/Naslee
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024