Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Richard mengatakan bahwa 123 jenis layanan tersedia di Mal Pelayanan Publik kabupaten setempat, yang terletak di lantai 2 Pasar Baru Kuala Kurun.

“Di mal pelayanan publik Gumas ada 22 gerai, di mana secara keseluruhan ada 123 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” ucapnya kepada awak media di Kuala Kurun, Senin.

Adapun 22 gerai yang tersedia di mal pelayanan publik Gumas yakni gerai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gumas, Kantor Pertanahan, dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kuala Kurun.

Lalu gerai Badan Pusat Statistik (BPS) Gumas, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Bank Kalteng, BPJS Ketenagakerjaan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gumas, serta Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Selanjutnya gerai Kepolisian Resor (Polres) Gumas, Kementerian Agama Gumas, Pengadilan Negeri (PN) Kuala Kurun, Kejaksaan Negeri Gumas, Dinas Pertanian Gumas, serta Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Gumas.

Baca juga: Sebanyak 320 pantarlih mulai lakukan coklit di Gumas untuk Pilkada 2024

Keberadaan mal pelayanan publik Gumas diharap akan memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai hal, karena semua dapat dilakukan di sana. Artinya segala sesuatu lebih efektif dan efisien.

“Kita bersyukur, dengan adanya mal ini ada dua hal yang kita rasakan. Yang pertama, Pemkab Gumas sudah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik secara maksimal. Yang kedua, masyarakat merasakan pelayanan yang semakin cepat, hemat biaya dan hemat tenaga,” beber dia.

Lebih lanjut, Pemkab Gumas akan terus menyosialisasikan keberadaan mal pelayanan publik kabupaten setempat. Untuk itu, pemerintah kecamatan, pemerintah desa/kelurahan, dan pemangku kepentingan lainnya diminta untuk ikut menyosialisasikan keberadaan mal tersebut.

Untuk diketahui, pada hari ini, Senin (24/6), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meresmikan secara bersama 15 mal pelayanan publik, yang dipusatkan di Jakarta. Salah satu yang diresmikan adalah mal pelayanan publik Gumas.

Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden, dengan didampingi sejumlah kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Gumas, menghadiri kegiatan tersebut di Jakarta. Sedangkan Sekda Gumas bersama pemangku kepentingan lainnya mengikuti peresmian tersebut secara dalam jaringan dari Kuala Kurun.

Baca juga: PLN gandeng DLHKP Gunung Mas tanam 5.200 bibit, wujudkan ekosistem darat lestari

Baca juga: Legislator Gumas minta kendaraan perhatikan tonase saat melintasi Jembatan Sei Rawi I

Baca juga: Gunung Mas kirim 225 orang ikut Pesparawi XVII Kalteng


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024