Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 320 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Richard saat pelantikan dan apel petugas pantarlih di Kuala Kurun, Senin, mengucapkan selamat bertugas kepada mereka.

"Pantarlih disebut petugas karena mereka bertugas, bukan bekerja. Yang akan mereka laksanakan merupakan tugas mulia, yang diharap akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan berdampak terhadap kelancaran dan kesuksesan Pilkada Serentak 2024," sambung dia.

Tugas sebagai pantarlih merupakan amanah yang sangat penting dalam rangkaian pesta demokrasi. Mereka bertugas melakukan coklit calon pemilih, yang merupakan hal mendasar dalam penetapan pemilih untuk Pilkada Serentak 2024.

"Pemkab Gumas siap mendukung dan mengawal proses data pemilih. Diapun mengajak seluruh pihak untuk bersinergi, mendukung pelaksanaan pilkada dengan menjaga keamanan dan kedamaian, sehingga seluruh tahapan berjalan dengan lancar," pungkas Richard.

Sementara itu, Ketua KPU Gumas Elfrinst G Tumon mengatakan sebelum bertugas, ke-320 petugas pantarlih tadi terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis, supaya mereka mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar.

Baca juga: PLN gandeng DLHKP Gunung Mas tanam 5.200 bibit, wujudkan ekosistem darat lestari

"Coklit dilaksanakan mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Nantinya petugas pantarlih akan datang ke rumah-rumah. Jadi warga kami minta untuk mempersiapkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga," kata dia.

Lainnya, Anggota KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja mengingatkan kepada petugas pantarlih agar selalu berpegang pada tiga prinsip. Tiga prinsip yang dimaksud yakni komprehensif, akurat, dan mutakhir.

"Pantarlih tugasnya dibatasi wilayah tertentu dan jumlah pemilih yang bisa mereka coklit. Satu pantarlih maksimal melakukan coklit terhadap 400 orang," demikian Wawan Wiraatmaja.

Baca juga: Gunung Mas kirim 225 orang ikut Pesparawi XVII Kalteng

Baca juga: Kecamatan Kurun berhasil pertahankan status juara umum FBMM 2024

Baca juga: Hari jadi ke-22 Gumas momentum perkuat persatuan dan kesatuan

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024