Kuala Kurun (ANTARA) -
Kontingen Kecamatan Kurun berhasil mempertahankan status sebagai juara umum Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah tahun 2024, diikuti Kecamatan Sepang di posisi kedua dan Kecamatan Miri Manasa di posisi ketiga.
 
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat penutupan FBMM 2024 di Kuala Kurun, Jumat malam, mengucapkan selamat kepada ketiga kontingen kecamatan yang berhasil menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3.
 
“Saya secara pribadi akan menambahkan bonus untuk tiga yang mendapat juara. Masing-masing mendapatkan tambahan bonus sebesar Rp10 juta,” sambung dia.
 
Untuk diketahui, Kecamatan Kurun mempertahankan status juara umum FBMM usai mendapat empat medali emas, enam perak, dan enam perunggu.

Sedangkan Kecamatan Sepang mendapat empat emas, satu perak dan tiga perunggu. Lalu Kecamatan Miri Manasa tiga emas dan dua perunggu.
 
Juara umum mendapat piala bergilir, trofi FBMM 2024, serta uang pembinaan Rp9 juta. Juara kedua mendapat trofi dan uang pembinaan Rp7 juta, juara ketiga mendapat trofi dan yang pembinaan Rp5 juta. Ketiganya kemudian mendapat tambahan bonus dari Wagub Kalteng tadi.

Baca juga: Hari jadi ke-22 Gumas momentum perkuat persatuan dan kesatuan
 
Sementara itu, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden mengatakan bahwa FBMM merupakan satu dari rangkaian kegiatan, dalam rangka menyambut hari jadi ke-22 kabupaten setempat yang jatuh pada 21 Juni 2024.
 
Rangkaian kegiatan dimulai sejak 16 Juni 2024 dan berakhir pada 22 Juni 2024. Adapun rangkaian kegiatan yang dimaksud antara lain FBMM, pameran pembangunan, upacara hari jadi, hiburan rakyat, jalan sehat, dan lainnya.
 
Terpisah, Camat Kurun Iltem merasa senang dan bangga atas keberhasilan kontingen kecamatan yang berhasil mempertahankan status sebagai juara umum FBMM 2024.
 
“Pada pelaksanaan FBMM 2023, Kontingen Kecamatan Kurun berhasil menjadi juara umum dengan capaian lima medali emas, lima perak dan satu perunggu. Puji syukur kepada Tuhan YME FBMM 2024 ini kami kembali menjadi juara umum,” kata dia.
 
Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen dan atlet dari Kecamatan Kurun, yang telah berpartisipasi memberi yang terbaik, bekerja sama, bekerja keras, dan berjuang sehingga mereka berhasil mempertahankan status sebagai juara umum.
 
“Kontingen Kecamatan Kurun secara keseluruhan berjumlah 125 orang. Kami mengikuti seluruh cabang lomba yang dipertandingkan pada pelaksanaan FBMM 2024 ini,” demikian Iltem.

Baca juga: Pemprov Kalteng apresiasi capaian pembangunan Gunung Mas di usia 22 tahun

Baca juga: Berpartisipasi di pameran Gumas 2024, Masyarakat antusias ingin mengenal lebih dekat PT SLK

Baca juga: FGKB DPRD Gumas soroti kerusakan Jalan Nyai Balau di Tewah

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024