Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi berbagai capaian keberhasilan dan kemajuan pembangunan Kabupaten Gunung Mas, yang pada 21 Juni 2024 ini memasuki usia 22 tahun.

Banyak capaian dan keberhasilan sekaligus kemajuan pembangunan di berbagai bidang yang telah dirasakan masyarakat, kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Edy Pratowo saat upacara hari jadi ke-22 Gumas di Kuala Kurun, Jumat.

"Hal itu terlihat dari target dan realisasi sampai akhir tahun 2023, tercatat Indeks Konektivitas Wilayah di Gumas sebesar 78,54, realisasi Rasio Rumah Layak Huni 91,79 persen," ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut dirinya, Indeks Pembangunan Manusia 73,18, dan Indeks Kesehatan di angka 82, angka Prevalensi Stunting juga terus menurun dari 17,9 persen pada tahun 2022 menjadi 12,9 persen di tahun 2023 berada.

Capaian-capaian tersebut pun didukung semakin baiknya pengelolaan keuangan daerah, yang salah satunya terlihat dari keberhasilan Pemkab Gumas meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada tahun anggaran 2023.

"Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai tentunya berkat kerja keras dan komitmen kuat, dari seluruh jajaran Pemkab Gumas, yang didukung penuh oleh para tokoh pendahulu dan pemangku kepentingan lainnya," kata Edy.

Atas capaian tersebut, Gubernur atas nama Pemprov Kalteng pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Penjabat Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh jajaran pemkab.

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas paparkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023

Juga kepada para Bupati dan Wakil Bupati Gumas periode sebelumnya, tokoh masyarakat, politisi, akademisi, dunia usaha, pers, dan semua elemen masyarakat di kabupaten setempat.

"Terlepas dari sejumlah hasil bagus yang telah dicapai, seyogyanya tidak membuat berpuas diri. Langkah-langkah evaluasi dan perbaikan harus terus dilakukan, untuk mengatasi segala kekurangan, kendala, dan persoalan yang masih ada," kata Edy.

Sementara itu, Pj Bupati Gumas Herson B Aden menyampaikan pemkab menyiapkan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari jadi ke-22 kabupaten setempat, sejak 16-22 Juni 2024.

"Ada hiburan rakyat pada Jumat malam (21/6), dan jalan sehat pada Sabtu pagi (22/6). Ayo kita bersama-sama menyukseskan rangkaian kegiatan hari jadi ke-22 kabupaten yang kita cintai ini," demikian Herson.

Baca juga: Berpartisipasi di pameran Gumas 2024, Masyarakat antusias ingin mengenal lebih dekat PT SLK

Baca juga: FGKB DPRD Gumas soroti kerusakan Jalan Nyai Balau di Tewah

Baca juga: Legislator apresiasi program Mahasur SKCK Polres Gunung Mas

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024