Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Bisnis dan Informatika (FBI) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan program matrikulasi pilihan berbasis teknologi kepada pada mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025.

"Tawaran kegiatan matrikulasi ini seperti program instalasi dan maintenance komputer, office dasar, desain grafis dan perakitan komputer," kata Dekan FBI UMPR M Jailani SE MPd Ak di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan, program matrikulasi di Fakultas Bisnis dan Informatika ini dilakukan untuk menyiapkan para calon mahasiswa baru semakin melek pada teknologi. Apalagi saat ini generasi Z lebih dekat dengan yang dunia digital atau digitalisasi.

Untuk itu, pihaknya juga menghadirkan pendamping yang berkompeten di bidangnya melakukan pendampingan terhadap para calon mahasiswa baru.

"Semoga dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan dapat memberikan nilai eksternalitas positif bagi semua calon mahasiswa baru di lingkup FBI UMPR,” kata Jailani.

Dia mengatakan, animo masyarakat untuk bergabung dengan Fakultas Bisnis dan Informatika Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tinggi. Ada program studi S1 Ilmu Komputer, S1 Sistem Informasi, S1 Bisnis Digital dan S1 Management.

Baca juga: 16 prodi UMPR buka pendaftaran mahasiswa program RPL

Untuk itu, pengelola fakultas terus menginisiasi untuk meningkatkan keahlian calon mahasiswa baru baik dari keahlian keilmuan atau soft skill dan keahlian praktis atau hard skill.

"Melihat animo calon mahasiswa baru yang terus meningkat sejak bulan Mei lalu, mengharuskan kegiatan peningkatan kapasitas mahasiswa dilakukan secara hybrid yang artinya kami laksanakan secara daring dan luring," katanya.

Saat ini, FBI UMPR juga menyiapkan program pendampingan seperti bermain "Tak Tik Bom" atau berselancar di dunia maya sosial media. Jailani menambahkan, pihaknya juga menyiapkan program make over stylish usai melihat minat mahasiswa di bidang tersebut.

"Kegiatan yang kami lakukan ini terus dikomunikasikan dan dikoordinasikan, baik dengan calon mahasiswa baru dan para orang tua calon mahasiswa baru," katanya.

Melalui respon positif yang diberikan, kami pun berkomitmen semakin memperkuat strategi dalam peningkatan kualitas kegiatan akademi dan pembelajaran serta penguatan pengembangan organisasi.

Jailani mengatakan, melihat pergerakan dari Fakultas Bisnis dan Informatika, Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf selaku pimpinan memberikan dukungan penuh untuk selalu berinovasi sesuai kebutuhan di lapangan.

"Apalagi terkait dengan calon mahasiswa baru. Kami diminta terus berkreasi dan berinovasi dalam rangka memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya para generasi emas," katanya.

Baca juga: UMPR perkuat komunikasi mahasiswa melalui kuliah pakar

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

Baca juga: UMPR dan LSF kerja sama sosialisasi gerakan nasional sensor mandiri

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024