Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 16 program studi (prodi) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

"Ke-16 prodi ini tersebar di 7 fakultas di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya," kata Direktur Penerimaan Mahasiswa Baru UMPR Novianto Eko Wibowo saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan, 16 prodi tersebut adalah S2 Magister Administrasi Publik, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Pendidikan Teknologi Informasi, S1 Agroteknologi, S1 Kehutanan, D3 Analis Kesehatan dan D3 Farmasi.

Kemudian S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Bimbingan Konseling, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Lingkungan, S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Hukum Keluarga dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Pada program perkuliahan program RPL, mahasiswa akan menempuh masa studi efektif dan memungkinkan menyelesaikan perkuliahan hanya dua semester. Program ini menyasar pada ASN, pegawai pemerintah Non ASN, pelaku usaha, konsultan, aktivis yang memiliki pengalaman kerja di bidangnya.

Nantinya, lanjut Novianto, akan ada tim yang menilai dan memverifikasi latar belakang pekerjaan para calon mahasiswa. Pengalaman tersebut akan dikonversi menjadi nilai mata kuliah pada prodi yang sesuai dengan pengalaman kerja yang bersangkutan.

"Periode pendaftaran program RPL ini pada 1 Juni hingga 31 Agustus mendatang. Dapat menghubungi kontak di nomor 082148335127 atau datang langsung ke Kampus 1 UMPR," kata Novianto.

Baca juga: UMPR perkuat komunikasi mahasiswa melalui kuliah pakar

Program RPL merupakan pengakuan capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau non formal atau dari pengalaman kerja untuk melanjutkan ke pendidikan formal.

Program pemerintah ini bertujuan mendorong perguruan tinggi memberikan kesempatan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan tinggi atau sarjana.

Secara umum syarat pendaftaran program RPL adalah mengisi formulir pendaftaran, scan surat tugas atau surat keputusan bekerja, scan ijazah SMA sederajat, sertifikat keahlian atau kompetensi, scan KTP atau kartu keluarga dan pas foto dengan latar berwarna.

"RPL UMPR ini telah meluluskan banyak sarjana yang pada akhirnya terserap di dunia kerja termasuk diterima sebagai PPPK. Saat ini sudah ada ratusan mahasiswa program RPL yang tersebar di 17 program studi tersebut," katanya.

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pun berkomitmen, menjadikan seluruh program studinya terus berkontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Berbagai program studi ini juga merupakan jawaban terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja di era perkembangan teknologi dan zaman saat ini. Baik di bidang pemerintahan, komunikasi publik atau pun berbagai sisi kehidupan bermasyarakat lainnya.

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

Baca juga: UMPR dan LSF kerja sama sosialisasi gerakan nasional sensor mandiri

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024