Palangka Raya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kejati Kalteng) memperkuat sinergi guna mendukung program  listrik  hingga pelosok negeri.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Sabtu mengatakan salah satu bentuk sinergi itu dilakukan dengan melaksanakan audiensi dan kunjungan kerja untuk memperkuat kolaborasi bersama pemangku kepentingan utama.

"Khususnya dukungan Kejati untuk bersama-sama mengawal proses pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk kepentingan umum di Kalsel dan Kalteng," katanya.

Muhammad Joharifin pun berterima kasih kepada Kajati Kalteng yang telah mendukung berjalannya pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah kerja PLN IUD Kalselteng.

“Kejaksaan Tinggi baik Kalsel maupun Kalteng sangat berperan dalam pembangunan kelistrikan PLN khusunya UID Kalselteng, terutama dalam hal pengawalan proses pembebasan lahan, sehingga proyek kelistrikan bisa berjalan lancar,” katanya.

Baca juga: PLN bersama BPN amankan aset ketenagalistrikan di Barut dan Gumas

Joharifin juga menyampaikan kondisi kelistrikan di Kalselteng yang sangat cukup untuk menyuplai pasokan listrik ke seluruh pelanggan hingga para investor yang akan membuka usaha di Pulau Kalimantan.

“PLN siap mendukung iklim investasi yang menjanjikan, kesiapan infrastruktur dan pasokan daya cukup menyokong pertumbuhan industri di Kalselteng, dimana tentunya akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi daerah,” ucapnya.

Joharifin juga melaporkan kesiapan PLN dalam menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

Baca juga: Tim PDKB PLN sukses rawat 253 titik infrastruktur kelistrikan tanpa padam

"Untuk Pilkada nanti, PLN akan menyiapkan posko-posko siaga di beberapa lokasi penting dan dijaga petugas yang siap membantu lancarnya penyelenggaraan pemilihan," katanya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Undang Mugopal di Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah di Palangka Raya mengatakan, pembangunan infrastruktur kelistrikan yang menjangkau hingga ke pelosok negeri merupakan proyek prioritas pemerintah dan Kejati Kalteng.

“Kejati mendukung PLN untuk menyelesaikan pembangunan dan siap mengawal program-program kelistrikan khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Untuk tujuan yang sama, PLN UID Kalselteng selain melakukan audiensi dengan Kejati Kalteng, juga melakukan kunjungan kerja ke Kejati Kalsel.

Pada kunjungan kerja itu, turut hadir General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) Raja Muda Siregar, General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan Abdul Salam Nganro, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani serta jajaran manajemen PLN Group lainnya.

Baca juga: PLN sukses hadirkan listrik tanpa kedip saat kunjungan Presiden di Kalteng

Baca juga: PLN siap hadirkan listrik hijau peringati HUT RI di IKN

Baca juga: PLN resmikan kantor ULP untuk perkuat layanan di Banjarmasin

Pewarta : Rendhik Andika
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024